Logo Bloomberg Technoz

Boeing menghadapi pengawasan yang semakin ketat terhadap kualitas manufaktur mereka. Budaya keselamatan mereka akan menjadi subjek dengar pendapat kongres di Washington minggu ini. Boeing tengah bergulat dengan perombakan manajemen yang berasal dari krisis kepercayaan setelah panel badan pesawat terlepas dari model pesawat lain, 737 Max, selama penerbangan awal Januari.

Produsen pesawat itu juga berupaya menghilangkan klaim yang diajukan oleh seorang insinyur perusahaan pekan lalu bahwa jalan pintas yang diambil selama pekerjaan perakitan 787 dapat melemahkan struktur pesawat canggih tersebut sebelum waktunya. Boeing telah membantah tuduhan tersebut, mengatakan tidak menemukan tanda-tanda kelelahan dalam pemeriksaan perawatan struktur komposit pesawat yang dilakukan pada sekitar dua pertiga dari lebih dari 900 Dreamliner yang dirakit menggunakan teknik manufaktur yang dilaporkan oleh whistleblower.

Para insinyur Boeing mengatakan masalah yang mendorong rencana pemeriksaan terbaru terhadap sekat tekanan depan aluminium pesawat tidak ada hubungannya dengan klaim whistleblower. Perusahaan belum mengidentifikasi masalah keselamatan sehubungan dengan pengelolaan celah pada badan pesawat komposit pesawat, kata Chisholm.

Pemeriksaan yang direkomendasikan adalah contoh di mana Boeing telah mengidentifikasi dan mengambil tindakan untuk mengatasi potensi masalah, katanya. Produsen pesawat tersebut sedang mendiskusikan masalah sekat dengan regulator, termasuk kapan harus melakukan pemeriksaan, yang membutuhkan waktu sekitar 10 jam per pesawat untuk diselesaikan, kata Chisholm.

Model pesawat Boeing Co.787 saat Singapore Airshow di Singapura, Rabu, 21 Februari 2024./Bloomberg-SeongJoon Cho

Tanggapan Whistleblower

Perusahaan mengundang wartawan ke fasilitas North Charleston untuk meninjau langkah-langkah yang telah diambil untuk mengatasi kekurangan struktural kecil pada 787, yang badan pesawatnya dibuat dengan menggabungkan bagian besar dari tong karbon komposit. Produsen pesawat telah menguji ketahanan pesawat tersebut setara dengan 165.000 lepas landas dan pendaratan, jauh melebihi layanan komersial untuk jet berbadan lebar pada umumnya.

"Itu sebenarnya tes kelelahan terlama yang pernah dilakukan pada pesawat komersial mana pun," kata Chisholm, mencatat tes itu memakan waktu lima tahun untuk diselesaikan.

Pengungkapan tersebut bertujuan untuk membantah klaim oleh engineer quality Boeing, Sam Salehpour, bahwa produsen pesawat tersebut mengambil jalan pintas dalam perakitan jet berbadan lebar untuk menghemat waktu dan mengirimkan pesawat kepada pelanggan. Salehpour dijadwalkan untuk memberikan kesaksian tentang kekhawatirannya pada Rabu (17/04/2024) selama dengar pendapat yang diadakan oleh Subkomite Investigasi Permanen Senat.

Boeing mengatakan mereka bekerja sama dengan penyelidikan panel tersebut.

Salehpour, yang mengerjakan program 787 dari 2020 hingga awal 2022, mengatakan pabrikan AS itu salah mengukur dan mengisi ketidaksempurnaan struktural kecil pada sambungan antara tong komposit yang disatukan, menerapkan gaya berlebihan untuk membuat komponen tersebut pas daripada melalui proses pemasangan celah yang rumit dengan strip kecil. Kelebihan gaya tersebut dapat seiring waktu menurunkan struktur serat karbon, yang memiliki sifat berbeda dari aluminium yang secara tradisional digunakan pada badan pesawat, dugaan Salehpour.

Pejabat Boeing mengatakan gaya yang digunakan untuk menyatukan komponen telah diperiksa dan diuji secara menyeluruh sebelum diterapkan pada jalur produksi, dan berada pada tingkat gaya yang dapat diabaikan untuk tong komposit karbon yang diperkeras. "Entah itu 150 pon, atau 50 pon atau 10 pon. Ini adalah gaya yang sangat kecil untuk produk ini," kata Chisholm.

Bahkan sebelum tuduhan terbaru menjadi publik, Boeing berada di bawah pengawasan publik yang ketat setelah kecelakaan yang hampir membawa bencana yang melibatkan model 737 Max 9 yang hampir baru pada awal Januari, yang kehilangan bagian badan pesawat selama penerbangan. Akibatnya, kualitas dan metode produksi Boeing telah menjadi sorotan dari regulator, yang telah membatasi produksi model 737 untuk memastikan produsen pesawat tersebut meningkatkan prosesnya.

Dewan direksi Boeing mengambil langkah paling tegasnya pada akhir Maret dengan perombakan manajemen besar-besaran, di mana CEO Dave Calhoun setuju untuk mundur pada akhir tahun.

19 Langkah 

Sebelum tuduhan Salehpour muncul, Boeing 787, yang jauh lebih besar dari 737 dan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sudah menghadapi pengawasan ketat selama bertahun-tahun.

Selama hampir dua tahun, Boeing menghentikan pengiriman Dreamliner untuk mengatasi ketidaksempurnaan kecil pada sambungan barel karbon yang lebarnya setipis rambut. Pengacara Salehpour menuduh bahwa meskipun regulator telah menyetujui perbaikan tersebut, perusahaan tetap mengambil jalan pintas. Boeing membantah klaim ini.

Lisa Fahl, wakil presiden Boeing yang mengawasi tim teknik di semua program pesawat terbang, mengatakan bahwa setiap perubahan manufaktur pada 787 harus melalui tinjauan dan analisis internal terperinci terlebih dahulu. Proses 19 langkah ini melibatkan banyak peserta dan pada akhirnya harus disetujui oleh Federal Aviation Administration (FAA).

Chisholm mengatakan hal yang sama berlaku untuk peningkatan gaya yang disebut "fit-up force" pada 787. Ia menambahkan bahwa perubahan tersebut minor pada rangka yang dirancang untuk menahan gaya ribuan pon.

Salehpour juga mengklaim telah menyaksikan praktik bermasalah dalam produksi pesawat Boeing 777 yang menyebabkan ketidaksejajaran komponen. Menurut korespondensi antara pengacara Salehpour dan FAA, ia percaya hal ini dapat menimbulkan "risiko keselamatan yang berpotensi membawa bencana."

Boeing minggu lalu menyatakan "penuh keyakinan terhadap keselamatan dan daya tahan keluarga pesawat 777."

(bbn)

No more pages