Logo Bloomberg Technoz

Tim Cook Datangi RI, Menperin Sebut Ada Aturan Terbit untuk Apple

Pramesti Regita Cindy
17 April 2024 11:30

CEO Apple Tim Cook bersama produk rilisan terbaru Vision pro, mixed realty atau XR. (dok Bloomberg)
CEO Apple Tim Cook bersama produk rilisan terbaru Vision pro, mixed realty atau XR. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO Apple Tim Cook dijadwalkan berkunjung ke Indonesia hari ini, Rabu (17/4/2024). Dia dijadwalkan secara khusus bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut telah berdiskusi dan berkomunikasi cukup lama dengan Apple, sehingga ia berharap kehadiran CEO Apple ke Indonesia ini dapat membangun potensi investasi yang bisa direalisasikan.

"Sudah cukup lama kami bicara ada kebijakan. Saya tidak bilang kebijakan khusus, tapi ada kebijakan yang kami keluarkan untuk Apple," jelas Agus di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Lebih lanjut, Agus memaparkan bahwa kebijakan yang diterapkan Indonesia untuk Apple berkaitan dengan pengimbangan (offset) Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk produk-produk buatan Apple. Disamping itu, Apple juga telah berkomitmen dalam membangun peningkatan kualitas pendidikan Indonesia melalui Apple Academy.

"Mereka sudah membentuk tiga, sudah mau empat yang disebut dengan Apple Academy yang menurut pandangan saya output-nya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain," tuturnya.