Logo Bloomberg Technoz

Kapolri Sebut Malam Ini jadi Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Redaksi
15 April 2024 20:10

Kemacetan di Pintu Gerbang Tol Cikampek Utama I (Dok. Jasa Marga)
Kemacetan di Pintu Gerbang Tol Cikampek Utama I (Dok. Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Kepolisian (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus balik pada Lebaran 2024 akan terjadi pada malam ini. Hal ini merujuk pada data jumlah pemudik yang kembali ke kawasan Jabodetabek baru sekitar 50%.

Dia pun memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menunda jadwal pulang jika memang belum harus kembali berkegiatan pada Selasa (16/4/2024). Hal ini juga merujuk pada tawaran potongan tarif jalan tol bagi masyarakat pada 17-19 April 2024.

"Mudah-mudahan bila memang tidak harus malam ini, bisa memilih di hari berikutnya. Ini bisa membantu mengurai [kepadatan jalur balik]," kata Listyo, Senin (15/4/2024).

Meski demikian, dia mengklaim, Polri juga telah menyiapkan sejumlah strategi jika mayoritas masyarakat tetap berkukuh kembali pada malam ini. Hal ini merujuk pada rekayasa lalu lintas dengan aturan one way dan contraflow pada sejumlah ruas.

Selain itu, kepolisian juga akan mempersiapkan sejumlah jalan arteri menjadi jalur alternatif jika terjadi kemacetan parah pada jalan tol.