Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian penghargaan bernilai miliaran dolar dari pemerintahan Biden, yang menggunakan Undang-Undang Chips and Science 2022 untuk merevitalisasi pembuatan chip Amerika setelah beberapa dekade produksi beralih ke Asia. Tujuan lainnya adalah untuk melawan kebangkitan teknologi China, yang sedang membangun industri semikonduktornya sendiri.

Samsung memilih untuk tidak memanfaatkan pinjaman atau jaminan pinjaman di bawah Chips Act, tidak seperti Intel Corp dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, yang keduanya juga akan menerima hibah miliaran dolar. Proyek Samsung diperkirakan akan mendapatkan keuntungan dari kredit pajak investasi, yang menurut para pejabat AS kemungkinan akan mencakup sebanyak 25% dari pengeluaran modal yang memenuhi syarat.

Penghargaan Samsung merupakan bagian dari rencana Presiden Joe Biden "untuk membawa manufaktur semikonduktor terdepan kembali ke Amerika Serikat," kata Menteri Perdagangan Gina Raimondo kepada para wartawan.

Chips Act grants (Dok: Bloomberg)

Proyek Taylor menambah ekosistem semikonduktor yang kuat di Texas, termasuk investasi tambahan senilai puluhan miliar dolar dari Texas Instruments Inc di negara bagian asalnya dan pabrik Samsung yang sudah ada di Austin.

Salah satu pabrik di Taylor diperkirakan akan mulai berproduksi pada tahun 2026 dan pabrik lainnya akan dimulai pada tahun 2027, menurut seorang pejabat administrasi senior. Perusahaan awalnya mengatakan bahwa pabrik Taylor akan mulai berproduksi pada paruh kedua tahun 2024.

Investasi ini diharapkan dapat menciptakan setidaknya 17.000 pekerjaan konstruksi dan lebih dari 4.500 pekerjaan manufaktur, menurut Raimondo. Ini akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja lokal karena rantai pasokan bergerak lebih dekat untuk melayani fasilitas baru. Para pejabat AS mengatakan bahwa US$40 juta akan didedikasikan untuk pendanaan dan pengembangan tenaga kerja.

Ekspansi di Austin akan meningkatkan produksi beberapa teknologi semikonduktor tercanggih di dunia, yang mendukung berbagai industri termasuk pertahanan, kedirgantaraan, dan otomotif, kata Raimondo. Samsung adalah produsen cip memori terkemuka, yang menyimpan data pada smartphone dan komputer, dan Samsung berekspansi ke bisnis pengecoran, atau memproduksi cip yang dirancang oleh pelanggan.

Fasilitas untuk pengemasan--penggabungan dan penyambungan semikonduktor--akan menggunakan teknik canggih yang dikenal sebagai pengemasan 2.5D, yang juga penting untuk kecerdasan buatan.

Pemberian hibah ini akan meningkatkan daya saing Samsung dengan para pembuat cip saingannya yang juga telah menerima investasi dari AS. TSMC mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi teknologi 2nm di fasilitas yang diperluas di Phoenix. Saingan Samsung di kampung halamannya, SK Hynix Inc, juga berencana membangun fasilitas pengemasan canggih di Indiana.

Chips Act--yang menyisihkan US$39 miliar dalam bentuk hibah ditambah US$75 miliar dalam bentuk pinjaman dan jaminan--telah memacu lebih dari US$200 miliar dalam investasi semikonduktor swasta. Intel mendapatkan hampir US$20 miliar dalam bentuk hibah dan pinjaman. TSMC, pembuat cip utama untuk Nvidia Corp dan Apple Inc, mendapatkan US$11,6 miliar.

Pengumuman ini akan memulai periode uji tuntas selama berbulan-bulan di mana Samsung dan Departemen Perdagangan akan menyepakati persyaratan akhir. Uang tersebut kemudian akan dicairkan saat proyek mencapai tonggak-tonggak penting dalam konstruksi dan produksi, dengan potensi pengembalian dana jika perusahaan gagal memenuhi janjinya.

(bbn)

No more pages