Logo Bloomberg Technoz

Polri Perkuat Pembatas Jalur Contraflow Arus Balik Lebaran 2024

Redaksi
15 April 2024 12:50

Kakorlantas Irjen Polisi Aan Suhanan meninjau kecelakaan di jalan Tol Cikampek KM 58 arah Jakarta Senin (8/4/2024). (Instagram @korlantaspolri.ntmc)
Kakorlantas Irjen Polisi Aan Suhanan meninjau kecelakaan di jalan Tol Cikampek KM 58 arah Jakarta Senin (8/4/2024). (Instagram @korlantaspolri.ntmc)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korps Lalu Lintas Kepolisian atau Korlantas Polri memperkuat penerapan Rekayasa lalu lintas (lalin) berupa contraflow atau lawan arus di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada arus balik Lebaran 2024. Hal ini dilakukan termasuk sebagai langkah antisipasi dan pencegahan kecelakaan pada pelaksanaan kebijakan lawan arus.

Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Aan Suhanan mengatakan, kepolisian menerapkan sejumlah kebijakan penguatan. Salah satunya dengan menambah jumlah kendaraan pengawal atau safety car untuk memantau batas kecepatan dan kepatuhan di sepanjang jalur contraflow

“Akan lebih banyak kendaraan dalurat atau pendukung seperti mobil derek, ambulans dan sebagainya guna memastikan tindakan mitigasi lebih cepat,” ujar Aan dikutip dari laman Humas Polri, Senin (15/4/2024).

Sebelumnya, terjadi kecelakaan maut yang terjadi di jalur contraflow di KM 58 Jalan Tol Jakarta Cikampek pada arus mudik Lebaran 2024. Tabrakan yang melibatkan dua mobil pribadi dan satu bus tersebut diperkirakan menyebabkan 12 orang meninggal dunia. Peristiwa terjadi saat sebuah mobil jenis Grandmax yang diduga menjadi kendaraan travel gelap keluar jalur contraflow dan bertabrakan dengan bus yang juga melaju cepat.

Hal ini membuat jalur contraflow pada arus balik pun ditambah dengan pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier. Selain itu, Korlantas Polri juga meningkatkan penerangan jalan dengan menambah lampu pembatas di jalur contraflow..