Logo Bloomberg Technoz

Pada awal tahun 2024, musim hujan yang tidak biasa panas di Amerika Selatan membantu memicu wabah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk: demam berdarah, yang bisa mengancam jiwa, dan demam Oropouche, yang dalam kasus parah dapat menyebabkan meningitis.

Dalam sebuah kasus di mana suhu yang lebih hangat membuat patogen menjadi lebih berbahaya, beberapa spesies bakteri Vibrio yang menyebabkan gastroenteritis tidak hanya tumbuh lebih cepat tetapi juga menjadi lebih berbahaya di air laut di atas 27°C (81°F). Studi telah menghubungkan perairan yang menghangat dengan peningkatan infeksi pada manusia di AS dan beberapa bagian Kanada.

Kekhawatiran adalah bahwa ini hanya permulaan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut perubahan iklim sebagai "ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi umat manusia." 

Dalam jangka pendek, pemanasan global mungkin sedikit mengurangi kematian yang berkaitan dengan suhu, mengingat saat ini 90% dari perkiraan 5 juta kematian tahunan disebabkan oleh kondisi dingin daripada panas, menurut studi tahun 2021. 

Namun dengan meningkatnya kematian akibat panas, perubahan iklim diharapkan akan meningkatkan angka kematian dalam jangka panjang. Bank Dunia memprediksi bahwa iklim yang lebih hangat dapat menyebabkan setidaknya 21 juta kematian tambahan pada tahun 2050 hanya dari panas ekstrem, stunting, diare, malaria, dan demam berdarah.

Diperkirakan bahwa orang-orang di negara-negara tanpa sistem kesehatan yang tangguh akan menanggung beban terberat dari penyakit yang dipengaruhi iklim. Namun, orang-orang di mana saja yang memiliki sistem imun yang lemah atau penyakit pernapasan dan kardiovaskular atau alergi musiman akan berisiko lebih tinggi. 

WHO memperkirakan bahwa penyakit tambahan dan kebutuhan pengobatan yang diakibatkan oleh perubahan iklim akan menambah biaya kesehatan sebesar US$2 miliar hingga US$4 miliar setiap tahun segera setelah tahun 2030. 

Para peneliti di balik tinjauan pada tahun 2022 dari lebih dari 77.000 studi menyimpulkan bahwa dari 375 penyakit infeksi yang dihadapi umat manusia, perubahan iklim dapat memperburuk 218 di antaranya, atau 58% dari mereka, dengan berbagai cara.

Hama Menjadi Lebih Meresahkan

Suhu yang lebih hangat dapat memperpanjang usia dan jangkauan teritorial nyamuk dan hama lainnya yang mampu membawa patogen, seperti yang dibuktikan oleh wabah demam berdarah tahun ini di negara-negara termasuk Brasil, Paraguay, Peru, dan Argentina. 

Di AS, ada kekhawatiran bahwa penyakit cacat yang dikenal sebagai leishmaniasis, yang ditularkan oleh lalat pasir, kini menjadi endemik, atau selalu ada, di beberapa bagian negara tersebut.

Perubahan pola cuaca di beberapa bagian Eropa, terutama periode hangat yang lebih lama dan lebih sering, memungkinkan kelangsungan hidup kutu penggigit yang menyebarkan demam berdarah Krim-Kongo. 

Virus ini menyebabkan perdarahan mematikan dan kegagalan organ pada 30% kasus dan telah menginfeksi puluhan orang di Spanyol dan Bulgaria selama dekade terakhir. Virus ini terdeteksi untuk pertama kalinya di Italia pada tahun 2021 dan di peternakan di selatan Prancis pada November 2023.

Peningkatan suhu laut menimbulkan risiko paralel. Vibrio vulnificus, penyebab infeksi luka yang mengancam jiwa, menjadi kekhawatiran yang lebih besar seiring pemanasan lautan selama dua dekade terakhir menyebar bakteri dari daerah tropis ke perairan sejauh utara Maine.

Cuaca Ekstrem Memunculkan Penyakit

Episode ekstrem cuaca, yang menjadi lebih mungkin atau parah akibat perubahan iklim, memiliki implikasi kesehatan yang melampaui kematian dan cedera langsung. Banjir dapat menyebarkan leptospirosis, bakteri yang merusak ginjal yang ditemukan dalam urin hewan. 

Genangan air di dalam ban bekas, ember, dan wadah lain setelah hujan lebat dapat menciptakan tempat berkembang biak bagi nyamuk, serangga penghisap darah, dan serangga lain yang menyebarkan penyakit. 

Di sisi lain spektrum, kekeringan dapat menyebarkan hantavirus yang dapat menyebabkan penyakit ginjal dan pernapasan dengan membawa hewan pengerat seperti tikus kecil, mol, dan hewan pengerat lain yang membawa mereka ke dalam rumah saat mereka mencari makanan.

Cuaca ekstrem juga dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk mengatasi patogen. Hal ini dapat terjadi ketika kebakaran hutan, banjir, dan bencana iklim lainnya memaksa orang-orang yang terlantar ke kondisi yang padat, di mana penyakit diare, pernapasan, dan kulit dapat berkembang. 

Bahaya yang mengurangi keamanan air dan pangan dapat menghambat nutrisi, dan menyebabkan stres fisik akut yang memperburuk kesehatan dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.

Perubahan iklim dapat mengubah perilaku manusia dengan cara yang meningkatkan penyakit. Misalnya, selama gelombang panas, orang sering menghabiskan lebih banyak waktu di air, yang dapat menyebabkan peningkatan kasus penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, tifus, dan E. coli.

Virus Kuno Mungkin Muncul

Ada juga kemungkinan penyakit "zombie" kuno yang muncul kembali dari permafrost yang mencair, lapisan beku di atau di bawah sekitar seperempat permukaan Bumi. 

Belum diketahui mikroba apa yang terperangkap di permafrost yang mungkin berbahaya bagi manusia, tetapi gelombang panas yang tidak biasa pada tahun 2016 yang membuat suhu musim panas melonjak melebihi 35°C (95°F) di Arktik Rusia menunjukkan bahwa ancaman tersebut bukan hipotetis.

Pencairan permafrost di barat laut Siberia memicu tanah longsor di dekat tempat ribuan rusa kutub mulai sakit dan mati. Kemudian, dua penggembala rusa kutub nomaden meninggal. 

Penyelidikan lebih lanjut mengidentifikasi wabah antraks di area yang telah dinyatakan bebas antraks selama hampir 50 tahun. Studi genetik menunjukkan bahwa bakteri penyebab antraks mungkin muncul dari bangkai hewan yang mencair — satu yang terinfeksi pada abad ke-13, ketika horda Mongol sedang meneror Eropa Timur.

(bbn)

No more pages