Logo Bloomberg Technoz

Program refinancing ini dibuat untuk membantu perusahaan-perusahaan teknologi skala kecil dan menengah pada tahap awal startup dan pertumbuhan serta memberikan dukungan kredit untuk proyek-proyek kelas atas.

Inisiatif pinjaman baru ini sejalan dengan rencana yang diumumkan oleh Gubernur PBOC Pan Gongsheng di bulan Maret dan mengikuti petunjuk dari para pejabat tinggi ekonomi China mengenai potensi peningkatan likuiditas.

Para pembuat kebijakan berusaha untuk meningkatkan kepercayaan diri karena krisis properti yang berkepanjangan.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini juga menghadapi lemahnya sentimen konsumen mengancam untuk membebani prospek pertumbuhan.

Pemerintah Indonesia sendiri pada tahun 2024 menyiapkan dana Rp5,9 triliun untuk pengembangan riset dan inovasi, dan dikelola oleh BRIN, disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Bank Indonesia (BI) pada .tahun yang sama membuka  Research Grant Bank Indonesia (RGBI) melalui BI Institute, berupa program dana hibah untuk riset dan penelitian bersifat strategis.

Usulan topik penelitian telah ditetapkan BI, terdiri dalam delapan topik utama. Topik RGBI 2024 yang akan memperoleh nilai gran sampai Rp250 juta, adalah:

  1. Pemanfaatan AI untuk meningkatkan inklusi ekonomi dan keuangan konvensional dan syariah.

  2. pengembangan ekosistem industri jasa (Industri kesehatan, pariwisata, dan digital nomad) baik konvensional maupun syariah, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

  3. Pengembangan green economy & finance serta renewables energy untuk Indonesia Timur

  4. Pemanfaatan teknologi dalam agriculture dan blue economy untuk meningkatkan produktivitas dan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan.

  5. Penguatan aspek hukum dan kelembagaan terhadap dampak akselerasi digital.

  6. Penguatan STEM, human capital untuk meningkatkan inovasi dan produktivitas dalam industri.

  7. Sunset industry dependency study dan dampaknya terhadap ketahanan ekonomi.

  8. Pengembangan industrialisasi, teknologi & inovasi domestik dalam rangka hilirisasi sumber daya alam, pangan, dan energi.

(bbn)

No more pages