Logo Bloomberg Technoz

Setelah menggembar-gemborkan mobil listriknya pada awal 2019 dan berjanji untuk menyaingi Tesla dalam tiga hingga lima tahun, Evergrande NEV terus diganggu oleh penundaan dan kemunduran produksi. 

Pada puncaknya, produsen mobil pemula itu dihargai lebih dari Ford Motor Co., sebelum terjebak dalam krisis yang melanda perusahaan induknya, China Evergrande Group. Saham Evergrande NEV telah ditangguhkan sejak April tahun lalu, dan akan tetap ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Peringatan tentang nasib produsen mobil itu datang ketika China Evergrande memaparkan perincian rencana restrukturisasi multimiliar dolar yang meminta kreditur luar negeri untuk menukar utang mereka dengan sekuritas baru, 15 bulan setelah pengembang pertama kali gagal membayar obligasi dolar publiknya. Restrukturisasi akan memungkinkan untuk fokus pada kembali ke operasi normal, kata perusahaan itu.

Evergrande NEV mengatakan dalam pernyataannya,  jika dapat memperoleh pembiayaan lebih dari 29 miliar yuan ($4,2 miliar), perusahaan berencana untuk meluncurkan sejumlah model unggulan dan berharap dapat mencapai produksi massal. 

Namun, tidak ada perincian tentang kapan atau di mana mereka dapat mengumpulkan dana tersebut, dan mengatakan di bawah rencana ini masih akan ada arus kas negatif kumulatif sebesar 5 miliar yuan hingga 7 miliar yuan dari 2023 hingga 2026.

Sementara itu, perseroan tengah mempertimbangkan penjualan proyek pengembangan residensial dan properti.

Neraca yang terlampir pada pernyataan itu menunjukkan Evergrande NEV memiliki kewajiban hampir 59 miliar yuan, dan total ekuitas hanya 691 juta yuan pada 31 Desember 2021.

(bbn)

No more pages