Logo Bloomberg Technoz

Edukasi Pasar Modal

Fitur IEP dan IEV Tingkatkan Transparansi Perdagangan Saham


Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Jakarta - Perkembangan pasar modal yang dinamis, membuat PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk kenyamanan para investor. Salah satu fitur yang dikembangkan adalah fitur Indicative Equilibrium Price (IEP) dan Indicative Equilibrium Volume (IEV) dalam sistem perdagangan Bursa.

Kedua fitur ini dibuat sebagai upaya mendukung perdagangan di pasar modal agar berjalan secara teratur, wajar, dan efisien. IEP merupakan informasi potensi harga yang terbentuk, sedangkan IEV adalah informasi potensi akumulasi volume transaksi yang akan diperjumpakan pada harga yang terbentuk (IEP) oleh sistem perdagangan BEI.

Implementasi data IEP dan IEV bertujuan untuk memberikan transparansi kepada Investor dan pelaku pasar lainnya dengan menampilkan harga indikatif yang akan terbentuk pada akhir sesi blind order book dan call auction (sesi Pre-opening, Pre-closing dan Periodic Call Auction Efek bersifat Ekuitas pada Papan Pemantauan Khusus). Hal ini dapat memudahkan investor untuk melakukan eksekusi order dan meminimalisir potensi marking the close.

Nilai IEP dan IEV ini, dipengaruhi oleh jumlah order jual/beli yang memiliki potensi untuk diperjumpakan. Jika order jual/beli belum memiliki potensi untuk diperjumpakan, maka nilai IEP dan IEV pun berpotensi tidak muncul selama jam perdagangan. Investor dapat memanfaatkan secara langsung fitur IEP dan IEV pada aplikasi online trading milik Anggota Bursa atau sekuritas pilihan dari investor. Nilai IEP dan IEV akan tampil pada aplikasi online trading saat sesi perdagangan Pre-opening, Pre-closing dan Periodic Call Auction Papan Pemantauan Khusus. 

Informasi IEP dan IEV pada umumnya ditampilkan pada halaman order saham, untuk membantu investor dalam melakukan transaksi order dari saham tersebut. Selain dari aplikasi online trading milik Anggota Bursa atau sekuritas, investor juga dapat melihat informasi IEP dan IEV secara langsung melalui aplikasi IDX Mobile. Pada aplikasi IDX Mobile, nilai IEP dan IEV tampil pada halaman detail dari saham yang dipilih oleh investor dan pelaku pasar.