Logo Bloomberg Technoz

"MIND ID akan membeli dan menerima pengalihan dari VCL, Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. (SMM) , dan Vale Japan Limited (VJL) atas seluruh HMETD yang akan menjadi porsi mereka dalam PMHMETD dan (ii) melaksanakan seluruh HMETD tersebut dan HMETD yang akan menjadi porsi MIND ID," tulis manajemen.

Dengan demikian, manajemen mengatakan bahwa MIND ID akan menggenggam saham sebanyak 34% dan menjadi pemegang saham tunggal terbesar di perseroan. Right issue dilaksanakan selambat-lambatnya dalam 12 bulan ke depan setelah adanya persetujuan dari RUPSLB.

Selain itu, manajemen mengatakan bahwa dengan adanya right issue tersebut, maka pemegang saham Perseroan yang tidak menggunakan HMETD akan terkena dilusi atas persentase kepemilikan saham dalam Perseroan sampai dengan sebanyak-banyaknya sebesar 5,73% apabila seluruh HMETD yang diterbitkan Perseroan dilaksanakan oleh pemegang HMETD yang berhak.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian BUMN bersama resmi menandatangani perjanjian divestasi sebanyak 14% dengan Vale, dengan nilai sebesar Rp3.050 per saham.

Untuk diketahui, divestasi saham INCO sebesar 14% tersebut setara dengan 1.391.087.420 lembar saham yang akan dilego ke MIND ID. Dengan demikian, MIND ID harus menggelontorkan dana sekitar Rp4,24 triliun.

Setelah divestasi itu, MIND ID bakal menggenggam sebanyak 34% porsi saham INCO, atau lebih besar dari pemegang saham terbesar lainnya, yakni Vale Canada Limited (VCL) sebanyak 33,9%, dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) 11,5%.

(ibn/lav)

No more pages