Logo Bloomberg Technoz

Vale Minta Restu Rights Issue 14% & Ubah Pemegang Saham 19 April

Sultan Ibnu Affan
04 April 2024 16:50

Logo Vale SA di kantor pusat Brasil./dok. Bloomberg
Logo Vale SA di kantor pusat Brasil./dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan mengelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Jumat, 19 April mendatang.

Berdasarkan keterbukaan informasinya, agenda RUPSLB tersebut akan membahas 4 mata acara, yang meliputi persetujuan rencana penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMTETD) atau right issue hingga penetapan komposisi pemegang saham.

Selain kedua mata acara itu, ada juga persetujuan perubahan anggaran dasar sehubungan dengan adanya right issue, dan persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan.

Dalam prospektusnya, emiten pertambangan nikel asal Kanada itu mengumumkan akan menerbitkan total saham melalui right issue dengan jumlah sebanyak-sebanyaknya 603.445.814 atau 603,4 juta saham dengan nilai nominal Rp25 per saham.

Aksi korporasi tersebut sejatinya dilakukan sejalan dengan adanya pemenuhan kewajiban divestasi INCO kepada Holding pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sebesar 14%  yang telah disepakati akhir Februari lalu.