Logo Bloomberg Technoz

China Akhirnya Izinkan Penggunaan Vaksin COVID-19 mRNA

News
22 March 2023 17:26

Ilustrasi Vaksin (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Vaksin (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg- Pemerintah China untuk pertama kalinya memberikan izin penggunaan vaksin COVID-19 berbasis messenger RNA atau mRNA setelah sebelumnya hanya memberikan izin terhadap vaksin berbasis virus yang telah dimatikan (inactivated virus).

Vaksin COVID-19 berbasis mRNA yang mendapatkan izin penggunaan dari Pemerintah China adalah vaksin buatan CSPC Pharmaceutical Group Ltd. Mengutip pernyataan resmi dari perusahaan tersebut pada Rabu (22/3/2023), vaksin yang dikhususkan untuk melawan varian Omicron itu mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

CSPC menyatakan vaksin yang mereka kembangkan efektivitasnya berada di rentang 70,2% sampai dengan 85,3%.  Efektivitas tersebut didasari oleh hasil uji klinis yang melibatkan 4.000 orang. 

Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa vaksin COVID-19 buatannya dapat bertahan pada suhu 2°C-8°C. Sayangnya, tidak diungkapkan berapa lama vaksin dapat bertahan pada rentang suhu tersebut.

Berkat pemberian izin penggunaan dari Pemerintah China, saham CSPC yang diperdagangkan di Bursa Efek Hong Kong (HKEX) sempat mengalami kenaikan hingga 7,7%. Adapun, berdasarkan pantauan terakhir pada saat penutupan perdagangan, saham tersebut bertengger di harga HK$8,35 atau naik 2,45% dalam satu hari.