Logo Bloomberg Technoz

Pemilihan terhadap Tonny memang tak terlalu membuat kaget. Jokowi berulang kali memilih perwira tinggi berusia muda untuk mengisi posisi pucuk sebuah lembaga. Hampir semuanya memiliki rekam jejak kedekatan dengannya.

Tonny Harjono pernah menjadi ajudan presiden pada 2014-2016; atau periode awal pemerintahan Jokowi.Dia kembali masuk ke istana usai menjadi Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres Kemsetneg) pada 2020-2022.

Perwira Muda Pilihan Jokowi lainnya:

1. Laksamana Ade Supandi

Perwira tinggi pertama yang diangkat dalam usia cukup muda adalah Laksamana Ade Supandi yang dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pada 31 Desember 2014. Saat itu, usianya menginjak 54 tahun 7 bulan.

Meski tak terlalu muda, Ade Supandi menjalani masa kepemimpinan hampir selama 4 tahun sebelum pensiun pada 23 Mei 2018. 

2. Jenderal Muhammad Tito Karnavian

Jokowi mulai memilih perwira yang sangat muda saat menunjuk Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal kepala kepolisian (kapolri) pengganti Jenderal Badrodin Haiti. Dia kemudian dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juli 2016 atau saat berusia 51 tahun 9 bulan. 

Jika mengikuti usia pensiun, kepolisian berarti tak akan mendapat kapolri baru selama enam tahun atau Oktober 2022. Akan tetapi, Tito kemudian digeser menjadi menteri dalam negeri pada periode kedua pemerintahan Jokowi, 23 Oktober 2019.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavia dan petinggi lembaga keamanan negara. (Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam)
 
3. Marsekal Hadi Tjahjanto

Perwira tinggi berikutnya adalah Marsekal Hadi Tjahjanto yang dilantik menjadi kepala staf angkatan udara (KSAU) pada 18 Januari 2017. Saat itu, mantan Sekretaris Militer Presiden Jokowi tersebut masih berusia 53 tahun 2 bulan.

Dia kemudian dilantik menjadi panglima TNI pada usia 54 tahun 1 bulan. Hal ini membuatnya memiliki masa tugas sebagai panglima yang cukup panjang yaitu nyaris 4 tahun sebelum pensiun pada 8 November 2021.

Seperti Tito, Hadi menjadi orang kepercayaan Jokowi yang langsung ditarik ke struktur pemerintahan usai pensiun. Hadi tercatat pernah menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang sebelum kemudian dilantik menjadi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan HAM, Februari lalu.

4. Marsekal Fadjar Prasetyo

Meski tak semuda Tito dan Tonny, Marsekal Fadjar Prasetyo dilantik pada usia 54 tahun 1 bulan yaitu 20 Mei 2020. Hal ini membuatnya menjabat nyaris 4 tahun sebelum diberhentikan dengan hormat melalui Keppres 20 tahun 2024 yang resmi berlaku, Jumat mendatang. 

5. Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Mengekor jejak Tito, Jokowi kembali menunjuk perwira tinggi berusia muda kepolisian untuk menjadi kapolri. Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik pada 17 Januari 2021; bahkan pada usia yang lebih muda dari rekor Tito yaitu 51 tahun 8 bulan. 

Jika presiden berikutnya tak merekrut Listyo pada jajaran ekskutif, jabatan kapolri tak akan diganti hingga Mei 2027.

(red/frg)

No more pages