Logo Bloomberg Technoz

Respons Jokowi Usai Dituduh ingin Rebut Jabatan Ketum PDIP

Dinda Decembria
03 April 2024 18:10

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan tentang isu dirinya tengah berencana merebut jabatan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tuduhan ini dilontarkan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. 

"Bukannya Golkar? Katanya mau merebut Golkar. Masa mau merebut. Jangan seperti itu. Jangan seperti itu," kata Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Rabu (3/4/2024).

Sebelumnya, Jokowi memang lebih santer dikabarkan berencana mengambil alih Partai Golkar. Hal ini merujuk pada kedekatan Jokowi dengan partai berlambang pohon beringin tersebut pada Pemilu 2024.

Potensi tersebut terbuka karena perolehan suara Partai Golkar dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 naik menjadi 15,28% dari 12,31% pada Pileg 2019. Kemenangan ini dikabarkan karena Golkar menggunakan narasi kebijakan Jokowi dalam kampanye. Jokowi pun disebut membantu perolehan suara Golkar.

Akan tetapi, isu Jokowi akan menjadi Ketum Partai Golkar telah ditampik sejumlah elit partai tersebut. Hal ini merujuk pada aturan AD ART yang mensyaratkan calon ketum merupakan pejabat partai yang telah bertugas selama lima tahun.

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSIP Megawati Soekarnoputri dan capres Ganjar Pranowo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)