Logo Bloomberg Technoz

Produsen cip lain, United Microelectronics Corp turut menghentikan operasi beberapa pabrik. United Microelectronics mengevakuasi fasilitas tertentu di pusatnya di Hsinchu dan Tainan, katanya dalam sebuah pernyataan.

Kedua saham perusahaan mencatatkan penurunan masing-masing 1,5% dan kurang dari 1% di awal perdagangan Rabu pagi.

Pusat gempa di Taiwan, Kota Hualien.

Efek gempa memberi dampak pada gedung-gedung di ibu kota Taipei, hingga pusat peringatan tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan adanya kemungkinan gelombang tsunami. Gempa hari ini merupakan yang terbesar dalam 25 tahun terakhir.

Eksekutif di industri ini, juga pejabat setempat tahu bahaya produksi cip atau semikonduktor canggih  yang masih ada di Taiwan. Selain risiko bencana pulau ini juga kerap menjadi objek pertikaian militer antara negara-negara besar.

Para pejabat Amerika, yang menyadari ancaman terhadap Taiwan dari pemerintah China—yang menganggap pulau itu sebagai provinsi pemberontak—telah mendorong perusahaan-perusahaan AS dan Taiwan - termasuk TSMC - untuk melakukan diversifikasi geografis. 

Produsen cip kelas atas TSMC.

Meski demikian proyek ekspansi TSMC yang sekarang sedang berlangsung di Jepang dan AS akan membutuhkan waktu guna mencapai kecepatan penuh. TSMC dikenal merupakan pemasok cip dari dua perusahaan teknologi raksasas AS, Apple Inc dan Nvidia Corp.

Perusahaan asal AS, Micron Technology Inc juga diketahui masih mempertahankan operasi utama di Taiwan.

- Dengan asistensi Debby Wu.

(wep)

No more pages