Logo Bloomberg Technoz

Jasa Marga Buka-Tutup 59 Rest Area, Cegah Antrean Saat Arus Mudik

Pramesti Regita Cindy
03 April 2024 11:30

Antrean mobil di Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok Jasa Marga)
Antrean mobil di Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB), memastikan bakal meningkatkan pelayanan di 59 rest area dan 2 rest area fungsional guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idulfitri 1445 H/Lebaran 2024.

Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman juga menyampaikan perseroan telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas dan pengaturan arus kendaraan di rest area. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas.

"Kami akan memberlakukan rekayasa buka-tutup rest area untuk mengurai kepadatan serta berkoordinasi dengan pengelola ruas jalan tol dan PT Jasamarga Tollroad Operator [JMTO] selaku anak usaha Jasa Marga di bidang pengoperasian jalan tol. Kami juga akan mengatur flow kendaraan masuk dan keluar rest area serta menyiagakan petugas pengatur lalu lintas dan menyiapkan rambu-rambu portable," kata Denny seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4/2024).

PT JMRB juga akan mengoptimalkan teknologi pemantauan kepadatan kendaraan di rest area melalui Rest Area Management System (RAMS) yang terdapat pada superapp Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang digunakan oleh petugas Jasa Marga serta terintegrasi dengan Dynamic Message Sign (DMS) di lajur jalan tol dan aplikasi Travoy yang dapat diakses langsung oleh pengguna jalan

"Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk tidak memaksakan berhenti di rest area yang terpantau padat dan mematuhi arahan petugas pengatur lalu lintas serta mencari alternatif keluar jalan tol sejenak untuk mencari tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan melalui jalan tol," jelas Denny.