Logo Bloomberg Technoz

Senat Thailand Loloskan RUU Pernikahan Sesama Jenis

News
02 April 2024 19:20

Ilustrasi pernikahan sesama jenis. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pernikahan sesama jenis. (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Senat Thailand mengirimkan rancangan undang-undang pernikahan sesama jenis yang sebelumnya telah disetujui oleh majelis rendah ke sebuah panel untuk diperiksa lebih lanjut karena negara Asia Tenggara ini berusaha untuk menjadi negara pertama di kawasan ini yang menjamin kesetaraan hak bagi pasangan gay dan lesbian.

RUU tersebut lolos dalam pembacaan pertama pada sidang Senat pada Selasa dengan 147 dari 158 anggota memberikan suara untuk mendukung apa yang disebut RUU Kesetaraan Perkawinan, yang secara teknis merupakan amandemen terhadap Hukum Perdata dan Hukum Dagang.

Majelis tinggi kemudian membentuk komite beranggotakan 27 orang yang terdiri dari para senator, masyarakat sipil, dan para menteri untuk meninjau RUU tersebut. Para senator diperkirakan akan melakukan pemungutan suara untuk RUU tersebut pada Juli, saat parlemen berkumpul kembali setelah masa reses yang dimulai minggu depan.

Dukungan Senat untuk undang-undang penting ini lebih dilihat sebagai prosedural karena Senat tidak dapat langsung membunuh RUU yang telah disetujui oleh majelis rendah. Jika Senat menolak RUU tersebut, majelis rendah dapat mengadakan pemungutan suara ulang untuk mengesahkannya tanpa memerlukan persetujuan Senat. Undang-undang ini akan mulai berlaku 120 hari setelah diterbitkan dalam Lembaran Negara setelah mendapat persetujuan parlemen dan pengesahan kerajaan.