Logo Bloomberg Technoz

Temui Prabowo, Xi Jinping Singgung Kereta Cepat RI Buatan China

Redaksi
02 April 2024 13:50

Prabowo dan Xi Jinping (Dok: Instagram Prabowo)
Prabowo dan Xi Jinping (Dok: Instagram Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden China Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan Presiden terpilih Republik Indonesia dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto, yang sedang melakukan kunjungan ke China di Beijing pada Senin.

Melansir Xinhua, Selasa (2/4/2024), Xi mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan umum dan meminta Prabowo untuk menyampaikan salam tulus dan harapan terbaiknya kepada Presiden Joko Widodo.

Mengingat hubungan bilateral yang berkembang pesat dan berbuah manis selama satu dekade terakhir di bawah bimbingan kedua kepala negara, Xi mengatakan bahwa kedua belah pihak telah menjadikan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung sebagai contoh kerja sama bilateral yang berkualitas tinggi dan memasuki tahap baru dalam membangun masyarakat dengan masa depan bersama.

China memandang hubungannya dengan Indonesia dari perspektif strategis dan jangka panjang, dan bersedia untuk memperdalam kerja sama strategis yang menyeluruh dengan Indonesia, kata Xi.

Dia mengatakan China akan bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama yang memiliki pengaruh regional dan global, sehingga dapat membawa lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional dan dunia.