Logo Bloomberg Technoz

Perawatan Pribadi Turut Andil Sebabkan Inflasi 0,04% saat Lebaran

Azura Yumna Ramadani Purnama
01 April 2024 11:46

Ilustrasi perawatan wajah. (Envato/innasap)
Ilustrasi perawatan wajah. (Envato/innasap)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Plt Kepala BPS Amalia A Widyasanti mengutarakan andil inflasi menurut komponen pengeluaran pada lebaran 2024 berbeda dari tahun sebelumnya.

Dari data BPS menunjukkan tahun 2024 andil inflasi dari makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,41%. Dan untuk pertama kali perawatan pribadi menjadi kedua terbesar yang menyumbang inflasi 0,04%. 

“Pada momen bulan Ramadan 2022-2023 kelompok yang biasanya paling dominan berikan sumbangan inflasi kelompok makanan minuman tembakau dan transportasi,” ujar Amalia dalam acara rilis berita resmi statistik, Senin (1/3/2024).

“Namun demikian, berbeda dengan historis tersebut, pada periode ramadan tahun ini, kelompok pengeluaran yang membirakan andil inflasi selain minuman, makanan dan tembakau, yang terbesar kedua adalah perawatan pribadi dan lainnya. dengan andil inflasi 0,04%,” tambahnya.

Amalia mengutarakan, kelompok transportasi bisanya menjadi penyumbang kedua, namun tahun ini didorong oleh tarif angkutan udara yang apda Ramadan tahun ini mengalami deflasi.