Logo Bloomberg Technoz

Huawei, yang hampir tersingkir dari pasar ponsel pintar dan pembuatan cip setelah AS memutus pasokannya dari pemasok luar negeri pada tahun 2019, muncul sebagai simbol tekad China untuk menggagalkan pembatasan yang dilakukan Washington.

Kini mereka membangun jaringan pabrik pembuat chip untuk mendukung ambisi jangka panjangnya di bidang seperti kendaraan listrik dan kecerdasan buatan.

Divisi Konsumen dan Cloud Huawei Dorong Kinerja 2023 

Cabang komputasi awan perusahaan ini tumbuh hampir 22% sepanjang tahun ini, karena perusahaan ini membuat terobosan lebih lanjut dalam bersaing dengan Alibaba dan Tencent Holdings Ltd. di dalam negeri. Bulan ini, perusahaan tersebut menerapkan model prakiraan cuaca yang didukung kecerdasan buatan dengan biro meteorologi Shenzhen, kota asalnya. Cip perusahaan juga muncul dalam sistem pengembang AI China, seperti yang digunakan oleh Pusat Kecerdasan Buatan dan Robotika yang berbasis di Hong Kong untuk melatih asisten AI bagi ahli bedah saraf.

Meskipun Huawei belum melangkah sejauh Xiaomi Corp., yang minggu ini meluncurkan kendaraan listrik merek sendiri yang pertama, perusahaan asal Shenzhen tersebut membuat kemajuan dalam menyediakan teknologi untuk sektor otomotif. Bisnis tersebut tumbuh sebesar 128% pada tahun 2023, dan Huawei telah memamerkan kendaraan Aito di tokonya di Tiongkok.

Kebangkitan Huawei bertepatan dengan meningkatnya tekanan terhadap Apple dari pemerintah Tiongkok, yang semakin mewajibkan atau mendorong penggunaan perangkat dan teknologi buatan dalam negeri di berbagai industri dan sektor – termasuk perusahaan negara. Maraknya Mate 60 juga semakin meningkatkan antusiasme konsumen terhadap merek lokal.

Pengiriman iPhone di Tiongkok turun sekitar 33% pada bulan Februari dibandingkan tahun sebelumnya, menurut data resmi, sehingga memperpanjang penurunan permintaan perangkat andalan tersebut di pasar luar negeri yang paling penting.

Namun Huawei pada Desember memperingatkan bahaya yang akan ditimbulkan oleh industri dan ekonomi global yang bergejolak pada tahun 2024. Setelah terobosan 7nm yang mereka lakukan, para pejabat di Washington sedang mempertimbangkan berbagai tanggapan mulai dari memasukkan pemasok Huawei ke dalam daftar hitam hingga mengikat sekutu untuk memperketat blokade yang sudah ada. teknologi semikonduktor.

Menteri Perdagangan Gina Raimondo mengatakan AS akan “melakukan apa pun” untuk melindungi keamanan nasionalnya.

(bbn)

No more pages