Logo Bloomberg Technoz

Eksekutif tersebut ditahan selama 14 hari dan dijadwalkan untuk hadir di pengadilan pada tanggal 4 April. Dia dan Tigran Gambaryan ditahan di sebuah wisma yang dioperasikan oleh kantor penasihat keamanan Nigeria.

Binance diketahui tidak membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas aktivitas platform kripto di Nigeria. Binance juga gagal mengajukan pengembalian pajak dan keterlibatan dalam membantu pelanggan untuk menghindari pajak melalui platformnya, kata mereka.

Warga Nigeria tengah berbondong-bondong membeli aset kripto di tengah anjloknya nilai tukar mata uang negara tersebut. Hal ini mendorong pihak berwenang untuk menindak tegas platform yang menawarkan token digital. 

Gubernur bank sentral  negara dengan populasi terpadat di Afrika ini, Olayemi Cardoso, bulan Februari menuduh bahwa Binance mengelola US$26 miliar (sekitar Rp405 triliun) dalam transaksi yang tidak dapat dilacak, beberapa hari sebelum dua eksekutif Binance yang mengunjungi Nigeria ditahan.

Baca Juga: Tugas CEO Baru Binance Cegah agar Pengguna Tidak Kabur

Binance telah “diberitahu bahwa Nadeem tidak lagi berada dalam tahanan Nigeria,” kata seorang juru bicara dalam menanggapi pertanyaan, dikutip dari Bloomberg News.

Sementara tindakan keras tersebut telah melumpuhkan Binance di Nigeria, bursa kripto lainnya termasuk Yellow Card Financial Inc masih beroperasi.

“Ada penurunan yang cukup drastis dalam volume perdagangan dan aktivitas perdagangan di platform tersebut,” kata Obinna Iwuno, presiden asosiasi pelaku industri blockchain di Nigeria. 

Nigeria berisiko kehilangan “kesempatan untuk memanfaatkan nilai global yang sangat besar dari teknologi baru yang berkembang paling cepat di dunia,” katanya.

Para eksekutif Binance telah diundang ke Nigeria untuk bertemu dengan para pejabat pada bulan Februari setelah pemerintah memblokir akses ke saluran mata uang kripto di tengah-tengah tindakan keras terhadap spekulan mata uang.

Nigeria telah menyaksikan devaluasi 70% dalam nilai naira terhadap dolar sejak reformasi devisa tahun lalu, yang diperburuk oleh kelangkaan dolar lokal.

- Dengan asistensi Nduka Orjinmo.

(bbn)

No more pages