Logo Bloomberg Technoz

Krisis Properti di China Merembet ke Bank-Bank Besar

News
28 March 2024 09:20

Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Penurunan properti yang berlarut-larut di China mengikis neraca keuangan bank-bank pemerintah terbesar di negara ini karena rasio kredit macet mereka merayap naik.

Bank of Communications Co melaporkan pada Rabu bahwa rasio kredit macet propertinya melonjak menjadi 4,99% pada akhir tahun lalu dari 2,8% pada tahun sebelumnya. Sementara rasio hipotek yang telah jatuh tempo turun, rasio pinjaman dalam perhatian khusus untuk segmen ini--sebuah indikator utama untuk pinjaman yang memburuk--melonjak 23% menjadi 9,88 miliar yuan (US$1,4 miliar).

Saingannya yang lebih besar, Industrial & Commercial Bank of China Ltd melihat rasio kredit macet untuk hipotek perumahan naik 9,6% menjadi 27,8 miliar yuan, menurut sebuah pengajuan pada Rabu. Sementara rasio NPL propertinya turun menjadi 5,37%, rasio ini masih merupakan yang tertinggi di antara semua sektor.

Wakil Presiden Bocom Yin Jiuyong mengatakan bahwa tekanan untuk menjaga kualitas aset tetap "sangat besar" tahun ini karena akan membutuhkan waktu untuk penjualan rumah dan kondisi likuiditas pengembang untuk pulih. Secara keseluruhan risiko dari eksposur propertinya masih dapat dikelola, katanya pada sebuah konferensi pers.