Logo Bloomberg Technoz

Harga Alumunium & Logam Jatuh, Belum Ada Tanda Pemulihan China

News
27 March 2024 14:20

Aluminium (Sumber: Bloomberg)
Aluminium (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Harga aluminium jatuh bersama logam industri lainnya karena reli harga baru-baru ini terbentur oleh kurangnya minat beli di China, negara konsumen terbesar.

Indeks Logam LMEX, yang melacak enam logam dasar utama, naik ke level tertinggi delapan bulan di awal Maret, dengan tembaga menembus US$9.000 per ton untuk pertama kalinya dalam hampir satu tahun, setelah investor memperhatikan risiko pasokan dan bertaruh pada prospek manufaktur global yang membaik.

Namun, konsumsi terus mengecewakan di China, di mana peningkatan yang biasa terjadi pada aktivitas musim semi belum sepenuhnya terwujud. Pembeli telah terhalang oleh kenaikan harga baru-baru ini, diskon aluminium spot melebar, dan para pedagang membuang kargo, kata Jinrui Futures Co dalam sebuah catatan.

Ada beberapa keceriaan yang bisa didapat dalam data laba industri terbaru China, yang memperpanjang kenaikan yang dimulai pada Agustus, meskipun sebagian besar kekuatan dapat dikaitkan dengan efek dasar dibandingkan dengan tahun 2023 yang lemah.