Logo Bloomberg Technoz

KAI Tambah Armada untuk Rute-rute Favorit Mudik Lebaran

Pramesti Regita Cindy
27 March 2024 20:00

Ilustrasi layanan kereta api Ekonomi yang mendapatkan subsidi (Dok Kemenhub)
Ilustrasi layanan kereta api Ekonomi yang mendapatkan subsidi (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) akan melakukan penambahan armada keretanya terlebih bagi rute-rute yang dianggap favorit untuk tujuan mudik lebaran maupun berwisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Niaga PT KAI, Hadis Surya Palapa dalam konferensi pers Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024.

"Kalau kereta tambahan memang kita alokasikan ke rute-rute yang relasi-relasi demandnya [permintaan] tinggi," jelas Hadis di Media Center BUMN, Jakarta, Rabu (28/3/2024).

Adapun beberapa rute favorit yang diproyeksi mendapatkan tambahan kereta antara lain Pasarturi, (Surabaya), Yogyakarta, Semarang, juga Bandung. Namun belum dapat dipastikan dengan jelas berapa pastinya penambahan jumlah kereta untuk rute favorit tersebut.

Kesiapan Mudik Lebaran  

Meski demikian, KAI menyebut terdapat tantangan dalam kesiapan armada terlebih dalam menghadapi arus mudik lebaran 2024. Dimana, meskipun terjadi peningkatan kapasitas angkut secara keseluruhan, tetapi terdapat kekurangan dalam jumlah lokomotif yang tersedia.