Logo Bloomberg Technoz

Xi Jinping Temui CEO AS saat Ketegangan Perdagangan Meningkat

News
27 March 2024 17:30

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)
Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Xi Jinping bertemu dengan sekelompok eksekutif bisnis Amerika Serikat (AS) di Beijing karena ketegangan bilateral terus meningkat terkait pembatasan perdagangan dan tuduhan serangan siber.

Pemimpin China pada Rabu bertemu dengan perwakilan dari komunitas bisnis, strategis, dan akademis AS, kata kantor berita resmi Xinhua. Xi berfoto bersama dengan para peserta sebelum pertemuan, menurut stasiun televisi pemerintah CCTV.

China sedang berusaha untuk menopang kepercayaan diri di tengah perlambatan investasi asing, yang merosot ke level terendah dalam 30 tahun terakhir dalam satu ukuran.

Ketegangan dengan AS telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir setelah hubungan menjadi stabil usai pertemuan Xi dengan Presiden Biden di San Francisco pada November. Pada Selasa, China mengatakan telah mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas subsidi kendaraan listrik AS. Pada awal pekan ini, AS dan Inggris menuduh para peretas China yang didukung oleh pemerintah menargetkan para politisi, perusahaan, dan pembangkang, serta mencuri sejumlah data pemilih Inggris.