Logo Bloomberg Technoz

"Mengingat apa yang terjadi baru-baru ini, pelanggaran level 152 dapat memicu intervensi," kata Rodrigo Catril, ahli strategi senior FX di National Australia Bank Ltd. di Sydney. "Penembusan level tertinggi sebelumnya telah mempercepat pergerakan," katanya, mengacu pada dolar-yen.

Investor memperkirakan perbedaan suku bunga antara Jepang dan negara maju lainnya, terutama AS, akan tetap lebar. Bahkan setelah bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) mengakhiri rezim suku bunga negatif terakhir di dunia pekan lalu. Hal itu melemahkan yen karena investor lebih menyukai mata uang dengan imbal hasil lebih tinggi di negara lain.

Anggota dewan BOJ Naoki Tamura mengatakan cara pengelolaan kebijakan moneter akan sangat penting untuk normalisasi yang lambat dan stabil untuk mengakhiri pelonggaran skala besar.

Komentar dari anggota bank sentral yang paling hawkish itu tidak mengubah narasi bahwa kondisi akan tetap mudah di Jepang untuk sementara waktu tanpa kenaikan suku bunga yang agresif. Hal ini membuat para pembuat kebijakan di Tokyo menunggu penurunan suku bunga dari bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) untuk membantu mengubah dinamika.

Para trader opsi sedang mengamati pasangan dolar-yen karena kenaikan ke 152 akan memicu beberapa hambatan pada level itu, menurut para pelaku pasar. Hal  tersebut dapat menyebabkan mata uang Jepang melanjutkan penurunannya terhadap dolar karena investor yang memegang opsi reverse call perlu menutup posisi short dolar-yen yang besar, kata para pelaku pasar.

Suzuki menegaskan kembali pandangan Jepang bahwa mereka tidak akan mengesampingkan opsi apa pun dalam menghadapi pergerakan mata uang yang berlebihan.

Pihak berwenang di Tokyo menghabiskan ¥9,2 triliun pada 2022 untuk menopang yen pada tiga kesempatan, sambil terus bersikeras bahwa mereka tidak melindungi level mata uang tertentu.

(bbn)

No more pages