Logo Bloomberg Technoz

Kedua bersaudara itu membantu dalam penyelidikan, tetapi tugas itu berat dan memakan waktu, kata mereka dalam wawancara, yang diikuti oleh Mirzan melalui panggilan video. Keduanya telah menerima dua kali perpanjangan dari tenggat waktu awal Februari untuk mematuhi peraturan.

MACC belum memberikan rincian penyelidikan terhadap Mahathir kepada kedua bersaudara itu, menurut Mokhzani.

"Kami bertanya, 'tentang apa penyelidikan terhadap ayah saya?" dan mereka tidak dapat memberikan informasi tersebut kepada kami," kata Mokhzani. "Dapatkah Anda membayangkan Anda diminta untuk memberikan informasi yang akan digunakan untuk mengadili orang tua Anda?"

Anwar Ibrahim, yang akhirnya menjadi perdana menteri pada tahun 2022 setelah gagal menduduki jabatan tertinggi selama beberapa dekade, adalah mantan anak didik Mahathir yang dianggap sebagai penggantinya tetapi kemudian berselisih dengannya.

Mahathir memecat Anwar dari semua jabatan pemerintahan pada tahun 1998 dan Anwar kemudian dipenjara atas tuduhan korupsi dan sodomi, yang kemudian dibantahnya. Perkembangan ini mengejutkan negara dan mengubah Anwar menjadi tokoh oposisi yang mendorong reformasi demokratis.

Pemerintahan Anwar menghadapi kritik dari partai-partai oposisi dan kelompok-kelompok masyarakat sipil tahun lalu setelah Jaksa Agung mencabut 47 dakwaan kriminal terhadap Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, seorang sekutu kunci dalam koalisi yang berkuasa. Anwar membantah telah mencampuri kasus ini atau penyelidikan MACC.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Sumber: Bloomberg)

Kantor pers Anwar menolak berkomentar.

Mahathir, yang memimpin Malaysia selama hampir seperempat abad dalam dua masa jabatan yang berbeda, mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada Januari--yang dilakukan sebelum Mokhzani diperintahkan untuk mengumumkan aset-asetnya--bahwa penyelidikan yang melibatkan putranya, Mirzan, bermotif politik. Hanya beberapa hari setelah dia berbicara kepada wartawan, Mahathir dirawat di Institut Jantung Nasional di Kuala Lumpur, di mana dia dirawat di rumah sakit selama 53 hari. Dia telah keluar dari rumah sakit minggu lalu.

Putra-putra Mahathir mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan sekretaris perusahaan dan akuntan untuk mengajukan deklarasi aset.

"Ini adalah tugas yang hampir mustahil, untuk kembali ke masa lalu," kata Mokhzani, seraya menambahkan bahwa ia masih menjadi mahasiswa di Inggris pada tahun 1981. "Kami tidak dapat mengingat dengan pasti bagaimana keadaannya saat itu," ujarnya, seraya menambahkan bahwa semuanya masih dalam bentuk catatan fisik dan belum didigitalkan.

Pertikaian politik memiliki dampak terbatas pada pasar.

Ringgit Malaysia menjadi mata uang dengan performa terbaik di Asia bulan ini, setelah bank sentral mendesak perusahaan-perusahaan dan dana-dana yang terkait dengan pemerintah untuk memulangkan pendapatan mereka di luar negeri dan mengonversinya ke mata uang lokal.

Hal ini membantu membalikkan performa mata uang ini, yang merupakan mata uang dengan performa terburuk di Asia Tenggara setelah baht Thailand dalam dua bulan pertama tahun ini, terutama terbebani oleh prospek yang lebih lemah dari China, mitra dagang utama Malaysia, dan juga karena selisih suku bunga yang besar dengan the Fed.

Meskipun indeks saham acuan Malaysia telah jatuh dalam lima dari enam tahun terakhir, kinerja yang lemah telah mereda sampai batas tertentu pada tahun 2024. Indeks KLCI naik lebih dari 5% karena pihak berwenang berupaya menstabilkan ringgit.

MACC juga sedang menyelidiki Daim Zainuddin, mantan menteri keuangan dan ajudan dekat Mahathir. Daim dan istrinya, Nai'mah Abdul Khalid, didakwa pada Januari karena tidak melaporkan aset-aset mereka, termasuk gedung 60 lantai Ilham Tower di Kuala Lumpur yang disita oleh MACC pada Desember. Mereka berdua mengaku tidak bersalah. Menanggapi pertanyaan untuk cerita ini, Nai'mah mengatakan bahwa dia dan suaminya tidak memiliki hal lain untuk ditambahkan.

Mahathir dan Anwar bersatu kembali dalam pemilihan umum 2018 untuk menggulingkan mantan perdana menteri Najib Razak setelah skandal 1MDB yang bernilai miliaran dolar.

Mahathir menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya, dan membuat kesepakatan untuk menyerahkan jabatan perdana menteri kepada Anwar pada tanggal yang tidak ditentukan. Namun, perselisihan di dalam koalisi, termasuk mengenai kapan Mahathir akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri, telah membantu menjatuhkan pemerintahan pada tahun 2020.

Pada Mei tahun lalu, Mahathir mengajukan gugatan pencemaran nama baik senilai 150 juta ringgit (US$31,8 juta) terhadap Anwar, dengan tuduhan bahwa perdana menteri saat ini telah menuduhnya memperkaya diri sendiri dan anggota keluarganya selama menjabat sebagai perdana menteri.

Gugatan tersebut muncul setelah Anwar mengatakan bahwa seseorang yang telah berkuasa dua kali telah mengambil segalanya untuk keluarganya. Anwar telah mengajukan pernyataan pembelaan dan berusaha untuk menggugurkan gugatan hukum Mahathir.

"Anwar mengatakan bahwa saya telah mencuri uang pemerintah," kata Mahathir dalam sebuah konferensi pers pada 22 Januari. "Sejauh yang saya tahu, saya tidak mencuri satu sen pun."

(bbn)

No more pages