Logo Bloomberg Technoz

Pembuat peralatan telekomunikasi Eropa Ericsson dan Nokia Oyj telah kesulitan untuk pulih dari perlambatan pengeluaran di seluruh industri layanan seluler. 

Ericsson memperingatkan sebelumnya tahun ini bahwa pasarnya di luar China akan terus menurun pada tahun 2024 dengan investasi oleh banyak operator tetap pada tingkat "tidak berkelanjutan rendah".

Operator seluler mengurangi pengeluaran jaringan dan telah mengeluhkan bahwa lingkungan kompetitif di Eropa merugikan pengembalian investasi. 

Nokia dan Ericsson juga harus berhadapan dengan munculnya "jaringan akses radio terbuka", teknologi yang akan memungkinkan operator lebih mudah menggunakan beberapa vendor dan akan membuka kompetisi untuk bagian jaringan.

Sekitar setahun yang lalu, Ericsson mengumumkan bahwa mereka akan memotong 8.500 staf, atau sekitar 8% dari total tenaga kerjanya. Rival Nokia Oyj mengatakan pada Oktober bahwa mereka akan memotong hingga 14.000 pekerjaan, atau 16% dari tenaga kerjanya.

Saham Ericsson turun 0,8% menjadi 56,97 krona Swedia pada pukul 1:08 siang di Stockholm. Saham tersebut telah menurun 9,9% tahun ini.

(bbn)

No more pages