Logo Bloomberg Technoz

Siapa ISIS-K yang Diduga Dalang Penembakan di Rusia

News
25 March 2024 18:00

Kebakaran terjadi di Crocus City Hall usai penembakan massal di Moskow. (Sumber: Bloomberg)
Kebakaran terjadi di Crocus City Hall usai penembakan massal di Moskow. (Sumber: Bloomberg)

Ben Westcott - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok garis keras Negara Islam telah mengklaim serangan terburuk yang terjadi terhadap Rusia dalam lebih dari dua dekade. Setelah penembak menargetkan sebuah gedung konser di pinggiran Moskow pada 22 Maret dan menewaskan lebih dari 130 orang. 

Pemerintah AS mengatakan klaim tersebut kredibel dan bahwa ISIS "bertanggung jawab sepenuhnya," setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk jari ke Ukraina, yang telah menyangkal keterlibatan apa pun.

Lebih spesifik, pejabat AS telah menunjuk ke satu cabang yang dikenal sebagai Negara Islam Khorasan, atau ISIS-K. Inilah yang kami ketahui tentang kelompok tersebut.

Apa itu ISIS-K?

ISIS-K adalah cabang regional dari organisasi Negara Islam yang lebih luas, diklasifikasikan sebagai kelompok teroris oleh sebagian besar dunia. Nama tersebut berasal dari istilah kuno untuk bagian dunia tempat kelompok ini beroperasi: terutama di Afghanistan, tetapi juga mencakup area di Pakistan, Turkmenistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Iran modern, menurut Pusat Studi Strategis dan Internasional, sebuah think tank di Washington.