Logo Bloomberg Technoz

Rusia Berkabung, 137 Jiwa Tewas dalam Serangan Moskow

Redaksi
25 March 2024 14:20

Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)
Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rusia mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung dan mendakwa empat orang yang dituduh menembaki sejumlah orang di sebuah konser di luar Moskow pada Jumat malam, dalam serangan paling mematikan di Rusia selama dua dekade.

Presiden Vladimir Putin mengumumkan Minggu sebagai hari berkabung nasional setelah berjanji untuk menghukum semua pihak yang berada di balik serangan tersebut, yang menewaskan 137 orang, termasuk tiga anak-anak, dan 182 lainnya luka-luka.

Lebih dari 100 orang masih dirawat di rumah sakit, beberapa di antaranya dalam kondisi serius. Rekaman video menunjukkan Putin yang tampak muram menyalakan lilin di sebuah gereja di kediamannya di luar Moskow pada Minggu malam untuk menghormati mereka yang meninggal.

Sebelumnya pada Minggu, orang-orang meletakkan bunga di Balai Kota Crocus, gedung konser berkapasitas 6.200 orang di luar Moskow di mana empat pria bersenjata menyerbu masuk tepat sebelum grup rock era Soviet Picnic akan membawakan lagu hit mereka, "Afraid of Nothing".

Orang-orang itu menembakkan senjata otomatis mereka dalam rentetan tembakan ke arah warga sipil yang jatuh sambil berteriak-teriak.