Logo Bloomberg Technoz

"Sudah on progress, penyehatan Dapen (Dana Pensiun) dalam kontrak manajemen," kata Erick. 

Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)


Kasus Korupsi Dana Pensiun BUMN

Sebelumnya, dua perusahaan asuransi BUMN terlibat dalam kasus korupsi yaitu PT Jiwasraya dan PT Asabri. Saat ini Kejaksaan pun sedang mengusut dugaan korupsi Dana Pensiun Pelindo Kejagung telah meningkatkan status dugaan korupsi di Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan (DP4), periode 2013-2019.

Dana pensiun dengan catatan 13.307 peserta tersebut naik ke tingkat penyidikan, 13 Maret 2023 lalu. Kejaksaan Agung menduga ada indikasi pelanggaran hukum dalam pengelolaan investasi DP4. Dana pensiun ini telah digunakan untuk investasi dalam bentuk tanah, saham, reksadana, dan penyertaan modal ke PT Indoport Utama dan PT Indoport Prima. 

Kejaksaan menemukan indikasi adanya praktik makelar dan markup harga pembelian tanah di sejumlah lokasi seperti Salatiga, Jawa Tengah; Palembang, Sumatera Selatan; Tangerang, Banten; dan Depok, Jawa Barat. Selain itu, penyidik korps Adhyaksa tersebut menemukan adanya keputusan pembelian saham dan reksadana yang tak memiliki dasar analisis.

Kejaksaan juga menduga keputusan penyertaan modal ke Indoport Utama dan Indoport Prima tidak memenuhi prinsip kehati-hatian. Dalam kasus tersebut, kejaksaan menemukan indikasi kerugian negara hingga Rp 148 miliar.

(frg/ezr)

No more pages