Logo Bloomberg Technoz

Tembaga

Reli tembaga baru-baru ini ke level tertinggi dalam 11 bulan memicu lonjakan open interest atau kontrak derivatif di London Metal Exchange. Jumlah kontrak yang beredar melonjak di atas 300.000 pada minggu lalu, yang terbesar dalam lebih dari 2 1/2 tahun, menandakan minat pembeli yang kuat. Logam kabel ini telah naik 8,5% selama enam minggu terakhir, karena investor mempertajam risiko terhadap pasokan di pertambangan dan pabrik peleburan dan prospek ekonomi global yang lebih positif yang dapat meningkatkan permintaan. Kontrak yang masih beredar juga melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di Comex sementara Shanghai Futures Exchange mencapai rekor.

Kendaraan elektrik

Batasan emisi knalpot baru yang ketat untuk mobil dan truk ringan dari pemerintahan Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan memaksa produsen mobil untuk dengan cepat meningkatkan penjualan model baterai-listrik dan hibrida plug-in untuk memenuhi mandat tersebut. Berdasarkan aturan tersebut, emisi karbon dioksida dibatasi hingga 85 gram per mil pada tahun 2032 – turun dari 170 gram per mil pada model tahun 2027. Target tersebut “masih sulit” bagi industri tetapi harus “memberikan peluang bagi pasar dan rantai pasokan.” untuk mengejar ketinggalan,” kata John Bozzella, Presiden Aliansi untuk Inovasi Otomotif. Badan Perlindungan Lingkungan AS akan merilis standar emisi untuk truk tugas berat minggu ini.

Minyak Mentah

West Texas Intermediate dan Brent futures berada pada jalur kenaikan bulan ketiga berturut-turut, kenaikan terpanjang sejak September. Harga minyak terdorong oleh terbatasnya pasokan karena pengurangan produksi dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, serta pertumbuhan produksi AS yang tertahan selama periode peningkatan permintaan. Risiko geopolitik juga menjadi salah satu faktornya, dengan serangan Houthi di Laut Merah yang menyebabkan perjalanan kapal tanker lebih lama dan serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap kilang Rusia meningkatkan kemungkinan peningkatan perang antara kedua negara.

Energi terbarukan

Kesepakatan untuk proyek tenaga surya dan angin melambat, dengan semakin sedikitnya kapasitas pembangkit listrik yang berpindah tangan, menurut laporan BloombergNEF. Tahun lalu terjadi akuisisi yang melibatkan hampir 88 gigawatt proyek tenaga surya dan angin, turun hampir seperempat dari tahun 2022. Penurunan ini terjadi di tengah tantangan ekonomi makro yang terus-menerus dan volatilitas pendapatan akibat fluktuasi harga listrik, kata BNEF.

(bbn)

No more pages