Logo Bloomberg Technoz

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini melaporkan awal yang baik pada 2024, dengan pertumbuhan ekspor, produksi industri, dan investasi yang melampaui ekspektasi.

Hal ini telah mengurangi urgensi bagi pihak berwenang untuk menambah stimulus dalam jangka pendek, meskipun para ekonom mengatakan diperlukan lebih banyak dukungan kebijakan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi ambisius sekitar 5% tahun ini.

Prospek jangka panjang menghadapi sejumlah tantangan, termasuk deflasi beruntun yang belum pernah terjadi sejak 1990an, penurunan properti yang berkepanjangan, dan rendahnya kepercayaan di kalangan investor luar negeri.

Investasi langsung baru dari perusahaan asing ke China merosot ke level terendah dalam 30 tahun pada 2023 di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan kenaikan suku bunga di negara lain.

Para pejabat tinggi telah berjanji untuk fokus pada peningkatan investasi asing tahun ini.

CEO internasional termasuk Tim Cook dari Apple Inc., Albert Bourla dari Pfizer Inc., dan Raj Subramaniam dari FedEx Corp. akan berpartisipasi dalam diskusi panel.

Pelancong memadati stasiun kereta Shanghai Hongqiao di Shanghai, Tiongkok, Selasa (6/2/2024). (Raul Ariano/Bloomberg)

Meskipun para perdana menteri China biasanya mengadakan pertemuan dengan para pemimpin bisnis di forum tersebut, tradisi yang telah berlangsung selama dua dekade ini mungkin akan terpatahkan tahun ini karena Wall Street Journal melaporkan bahwa Presiden Xi Jinping mungkin akan berkumpul dengan para pemimpin perusahaan setelah acara tersebut.

Li menyoroti beberapa langkah yang berencana diambil pemerintah untuk meningkatkan permintaan domestik tahun ini.

Upaya-upaya tersebut termasuk mengurangi hambatan terhadap kesatuan pasar domestik, memberikan izin tinggal di perkotaan kepada orang-orang yang pindah ke kota dari pedesaan, serta kampanye untuk mendorong konsumen dan dunia usaha untuk mengganti barang dan peralatan lama.

Dia juga menekankan fokus China pada pengembangan manufaktur dan teknologi maju, dengan mengatakan bahwa pendorong pertumbuhan baru telah menguat, dan pangsa industri-industri baru yang strategis dalam perekonomian secara keseluruhan telah meningkat selama dekade terakhir.

Dia menegaskan kembali bahwa negaranya tidak mencari pertumbuhan jangka pendek dengan mengorbankan akumulasi risiko jangka panjang.

Li tidak menguraikan bagaimana kebijakan dapat ditingkatkan, selain menguraikan apa yang diumumkan pada sidang parlemen tahunan awal bulan ini yang mencakup stimulus fiskal yang sedikit lebih kuat.

Dia mengatakan negaranya akan terus mendorong penurunan biaya pinjaman secara keseluruhan, setelah mengarahkan bank-bank untuk memangkas suku bunga acuan hipotek pada rekor tertinggi pada bulan lalu.

(bbn)

No more pages