Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah korban jiwa terbesar akibat terorisme di Moskow sejak separatis Chechnya menyandera para sandera pada 2002 di teater Nord-Ost, di mana sedikitnya 170 orang, termasuk puluhan penyerang, tewas dalam misi penyelamatan yang gagal. 

Serangan hari Jumat waktu setempat terjadi beberapa hari setelah Putin mengukuhkan kemenangan di Rusia dengan 87% suara dalam pemilihan presiden. Ini kali kelima Putin menjabat Presiden.

Pihak berwenang membatalkan acara-acara publik dan memperketat keamanan di seluruh negeri menyusul tragedi yang menghancurkan ilusi keamanan di Moskow yang berusaha dibangun oleh Putin selama lebih dari dua tahun sejak ia menginvasi Ukraina.

Kebakaran terjadi di Crocus City Hall usai penembakan massal di Moskow. (Sumber: Bloomberg)

Peristiwa ini mengingatkan kembali pada masa awal pemerintahannya selama seperempat abad, ketika serangan bom bunuh diri, yang sebagian besar dituduhkan kepada kelompok Islamis dari dalam negeri Rusia atau negara-negara tetangganya, menewaskan banyak orang. 

Pemerintahan Joe Biden tidak memiliki alasan untuk meragukan klaim tanggung jawab ISIS, menurut seorang pejabat AS yang berbicara tanpa menyebut nama, untuk menggambarkan pemikiran pemerintah.

Pejabat AS lainnya mengatakan bahwa tidak ada indikasi keterlibatan Ukraina dan insiden ini memiliki ciri-ciri yang jelas sebagai serangan oleh organisasi teroris.

“Amerika Serikat mengutuk keras serangan teroris yang keji di Moskow. ISIS adalah musuh teroris bersama yang harus dikalahkan di mana pun,” kata sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Putin mengatakan pihak berwenang telah menahan semua pihak yang terlibat langsung dalam serangan. Pelaku menggunakan senjata otomatis, menyerang masyarakat yang menghadiri konser musik rock di kompleks Crocus City.

Putin menambahkan bahwa hari Minggu sebagai hari berkabung nasional dan bersumpah untuk mengejar siapa saja yang bertanggung jawab untuk memerintahkan dan mengorganisir serangan itu.

Putin berbicara setelah Dinas Keamanan Federal (Federal Security Service) mengumumkan bahwa para agen telah menahan para tersangka di wilayah Bryansk, Rusia, berbatasan dengan Ukraina.

Orang-orang itu berencana untuk menyeberang ke Ukraina di mana mereka “memiliki kontak,” lapor kantor berita Interfax, mengutip pernyataan dari dinas yang dikenal sebagai FSB namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Direktur FSB Alexander Bortnikov melaporkan kepada Putin bahwa total 11 orang telah ditahan, termasuk keempat tersangka, menurut pernyataan Kremlin pada Sabtu pagi. 

Komite Investigasi Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa jumlah korban tewas meningkat karena para pekerja darurat menemukan lebih banyak korban di lokasi serangan.

Para pejabat sebelumnya mengatakan sedikitnya 145 orang terluka. Api mengakibatkan ledakan di lokasi, terdengar selama serangan di Balai Kota Crocus, dan menyebabkan runtuhnya sebagian atap.

Gubernur Moskow mengatakan operasi penyelamatan telah berakhir, sementara operasi pencarian masih berlangsung, kantor berita Rusia TASS melaporkan pada Sabtu malam.

Pada pertemuan dengan para perwira senior FSB pada hari Selasa, Putin mengecam “pernyataan-pernyataan yang terus terang dan provokatif” oleh para pejabat Barat bulan ini yang memperingatkan akan adanya kemungkinan serangan teroris dalam waktu dekat.

“Semua ini menyerupai pemerasan dan niat untuk mengintimidasi dan mengacaukan masyarakat kita,” kata Presiden Putin.

Kedutaan Besar AS di Moskow mengeluarkan peringatan publik di situs webnya pada 7 Maret bahwa “para ekstremis memiliki rencana dalam waktu dekat untuk menargetkan pertemuan besar di Moskow, termasuk konser.”

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson menegaskan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu bahwa “pemerintah AS memiliki informasi tentang rencana serangan teroris di Moskow.”

“Pemerintah AS juga membagikan informasi ini kepada pihak berwenang Rusia sesuai dengan kebijakan 'kewajiban untuk memperingatkan' yang telah berlangsung lama,” tambahnya.

FSB menegaskan pada awal bulan ini bahwa mereka telah mencegah serangan terhadap sebuah sinagog Moskow, yang dilakukan oleh apa yang mereka sebut sebagai cabang ISIS di Afghanistan, dilaporkan Interfax.

Kelompok-kelompok Islamis telah menargetkan Rusia di masa lalu dengan mengutip apa yang mereka sebut sebagai kebijakan anti-Muslim oleh Kremlin. Penyitaan sebuah sekolah di Beslan, selatan Rusia, menyebabkan lebih dari 330 orang tewas, banyak di antaranya adalah anak-anak, pada 2004.

Pada 2010, serangan bunuh diri kembar di stasiun kereta bawah tanah Moskow menewaskan sedikitnya 40 orang, sementara serangan bom bunuh diri menewaskan 16 orang, termasuk pelaku, di kereta bawah tanah St Peterburg pada 2017.

Moskow sebagian besar terisolasi dari dampak langsung invasi Putin ke Ukraina pada Februari 2022, yang oleh juru bicaranya, Dmitry Peskov, disebut sebagai “keadaan perang” untuk pertama kalinya pada hari Jumat. Dia kemudian menarik kembali komentarnya.

“Jalur yang jelas bagi Kremlin untuk memutarbalikkan hal ini adalah bahwa ini ada hubungannya dengan perang di Ukraina,” kata Charles Lichfield, wakil direktur Pusat GeoEkonomi Dewan Atlantik di Washington.

“Respon langsungnya bisa jadi lebih banyak serangan drone dan serangan balistik, namun serangan-serangan tersebut sudah meningkat sebelum serangan teroris.”

Dalam pidato video hariannya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Putin “hanya mencoba untuk menyalahkan orang lain.”

Rusia melanjutkan serangan yang menargetkan beberapa wilayah Ukraina pada hari Sabtu. Empat rudal Rusia dan 34 pesawat tak berawak ditembakkan ke Ukraina dalam semalam dan pertahanan udara menembak jatuh 31 pesawat tak berawak Shahed di lima wilayah, menurut pernyataan Ukraina di Telegram.

Pasukan Moskow telah meningkatkan serangan rudal terhadap kota-kota dan infrastruktur Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menewaskan puluhan warga sipil.

Pada hari Jumat pagi, Rusia melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak terbesar di Ukraina sepanjang tahun ini, yang berfokus pada infrastruktur energi.

Pada saat yang sama, Ukraina telah melancarkan kampanye serangan di dalam wilayah Rusia dengan pasukannya yang berjuang di medan perang di tengah penundaan bantuan vital dari AS dan sekutu lainnya.

Drone telah menghantam pabrik-pabrik dan kilang minyak, sementara para penyerang di wilayah perbatasan telah melakukan serangan.

(bbn)

No more pages