Logo Bloomberg Technoz

Arti Kemoterapi Preventif yang Dijalani Kate Middleton

Redaksi
23 March 2024 15:00

Kate Middleton. (Tangkapan Layar Instagram @princeandprincessofwales)
Kate Middleton. (Tangkapan Layar Instagram @princeandprincessofwales)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Putri Catherine atau Kate Middleton mengumumkan divonis mengidap kanker. Dia kini menjalani preventative chemotherapy atau kemoterapi preventif. Apa itu?

Dikutip dari media Inggris The Independent, kemoterapi preventif bukanlah istilah resmi dari Layanan Kesehatan Nasional atau National Health Service (NHS) untuk suatu jenis pengobatan. Selain itu, tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan mengenai jenis kanker yang diidap oleh Kate atau jenis pengobatan yang dia jalani.

Namun, ada jenis pengobatan yang disebut dengan "kemoprevensi" yang menurunkan risiko terkena kanker atau kambuhnya kanker pada orang sehat. Pengobatan tersebut biasa digunakan pada orang yang belum mengidap kanker namun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker karena riwayat keluarga mereka.

Menurut data NHS, pada tahun 2021-2022, lebih dari 320.000 orang di Inggris menerima pengobatan kanker termasuk kemoterapi dan radioterapi.

Obat kemoterapi digunakan untuk membunuh sel kanker. Obat-obatan tersebut mengganggu cara sel kanker tumbuh dan membelah sehingga menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.