Logo Bloomberg Technoz

Ma Ying-jeou, Mantan Presiden Taiwan Pertama yang Kunjungi China

News
20 March 2023 14:39

Ma Ying-jeou (Sumber: Billy H.C. Kwok/Bloomberg)
Ma Ying-jeou (Sumber: Billy H.C. Kwok/Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg - Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou menyampaikan rencananya untuk mengunjungi China pada akhir Maret. Kabar kunjungan pertama oleh mantan pemimpin negara pulau itu juga dibarengi dengan pengumuman Taipei yang akan menjadi tuan rumah bagi delegasi asing sebagai tanda kenaikannya di panggung dunia.

Ma Ying-jeou akan memimpin sekelompok siswa ke Shanghai dan kota-kota lainnya, sekaligus berkunjung ke kampung halaman leluhur keluarganya pada 27 Maret - 7 April, kata Hsiao Hsu-tsen, pimpinan yayasan milik Ma Ying-jeou. Hsiao mengatakan ini akan menjadi kunjungan pertamanya ke China. “Perjalanan itu tidak akan terlalu politis, dan kota Beijing tidak termasuk dalam perjalanannya,” kata Hsiao dalam pengarahan pada Senin (20/03/2023). 

Beijing mengkonfirmasi perjalanan mantan presiden Taiwan yang menjabat dari 2008-2016 itu. Juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan Lin Yu-chan menyampaikan, Ma Ying-jeou mengajukan permohonan yang diwajibkan secara hukum untuk mengunjungi China. Ia menambahkan, Ma Ying-jeou diharapkan dapat berperilaku dengan cara yang sejalan dengan kepentingan nasional dan sentimen nasional.

Perjalanan itu bertepatan dengan China yang tengah mendekati Partai Nasionalis Tiongkok (Kuomintang/KMT) yang pernah dipimpin Ma Ying-jeou, di tengah persiapan Taiwan untuk pemilihan presiden pada Januari 2024. Wakil Ketua partai, Andrew Hsia melakukan perjalanan ke China pada Februari lalu, mengantongi janji Beijing untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan partai tersebut.