Logo Bloomberg Technoz

Dengan biaya pinjaman yang lebih rendah di China, para pemberi pinjaman kredit swasta juga menghadapi lebih banyak tantangan untuk bertransaksi di dalam negeri.

Imbal hasil kredit swasta di China masih belum mencukupi bagi banyak investor, Jenny Sun, pendiri dan kepala investasi di Blue Mountain Bridge Capital Ltd menambahkan bahwa perusahaannya akan fokus pada Hong Kong tahun ini. China mungkin akan lebih menarik bagi para investor pada tahun 2025 dan 2026, katanya.

Investor kredit swasta yang masih melirik China beralih ke sektor-sektor yang tidak terlalu berisiko dengan prospek pertumbuhan yang lebih baik, termasuk sektor konsumen, digital, dan data. Schroders Plc, sebuah perusahaan manajemen aset, berfokus pada bisnis konsumsi dan platform internet di China untuk peluang investasi di tahun 2024, menurut laporannya akhir tahun lalu.

Asia-Pasifik hanya merupakan sebagian kecil dari pasar kredit swasta senilai US$1,7 triliun di seluruh dunia, menurut data dari perusahaan riset Preqin. Namun, tingkat pertumbuhan di kawasan ini telah melampaui kawasan lainnya.

Karena ketegangan geopolitik, "banyak perusahaan besar dari Barat yang tidak aktif saat ini di wilayah China," kata Jeffery Lau, partner dan kepala kredit swasta dan situasi khusus di Primavera Capital Group. "Akibatnya, kami melihat pada dasarnya ada kenaikan imbal hasil di seluruh spektrum peluang dalam kredit swasta."

Informasi saja, private credit merupakan mereka yang memberikan pinjaman kepada perusahaan atau individu yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kredit dari perbankan atau dari pasar modal. Biasanya mereka akan menuntut bunga pinjaman yang tinggi ketimbang memiliki surat utang perusahaan atau individu.

(bbn)

No more pages