Logo Bloomberg Technoz

Rudal balistik jarak menengah dibuat untuk terbang cukup jauh untuk menghantam seluruh Jepang, di mana AS telah menempatkan puluhan ribu tentara, dan fasilitas militer AS di Guam, di mana Pentagon mengatakan bahwa mereka menyimpan salah satu gudang amunisi terbesar di dunia.

Korea Utara terakhir kali menembakkan rudal balistik jarak menengah pada Januari, yang dikatakan sarat dengan "hulu ledak terkendali yang dapat bermanuver hipersonik" yang dapat mengubah jalur terbangnya dengan kecepatan tinggi. Peluncuran ini dilakukan setelah uji coba "mesin bahan bakar padat berdaya dorong tinggi tipe baru" pada November.

Para ahli mengatakan bahwa uji coba pada Selasa tampaknya bertujuan untuk memeriksa keandalan mesin dan waktu pembakaran yang lebih lama, yang akan memungkinkan jarak tempuh yang lebih jauh untuk rudal tersebut.

"Mereka bisa saja melakukan perbaikan pada cacat yang ditemukan pada uji coba peluncuran Januari lalu," kata Shin Jong-woo, seorang peneliti di lembaga think tank Forum Pertahanan dan Keamanan Korea. "Kehadiran Kim Jong-un di lokasi uji coba menunjukkan bahwa pengembangan mesin hampir selesai."

Rudal balistik berbahan bakar padat umumnya membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mempersiapkan peluncuran, sehingga lebih sulit untuk dideteksi sebelum lepas landas.

(bbn)

No more pages