Logo Bloomberg Technoz

"Keputusan hari ini sendiri dapat dianggap cukup dovish, menyeret yen ke bawah," kata Koji Fukaya, seorang peneliti di Market Risk Advisory Co di Tokyo, yang mengatakan bahwa berakhirnya suku bunga negatif dan pengendalian kurva imbal hasil sudah diperhitungkan.

"Mempertahankan sikap akomodatif tidak berarti mereka tidak akan menaikkan suku bunga dari sini dan oleh karena itu, investor perlu waktu untuk menilai prospek kebijakan."

Yen sedikit melemah selama seminggu menjelang keputusan BOJ karena dolar menguat berdasarkan prospek perlambatan penurunan suku bunga dari bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed).

Ekspektasi terhadap yen mengungguli mata uang lainnya tahun ini hampir sirna baru-baru ini, dengan para ahli strategi memperkirakan pada awal bulan bahwa mata uang tersebut akan mengakhiri 2024 dalam jarak beberapa persen dari titik awalnya.

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun telah sedikit lebih tinggi sementara saham nasional telah meningkat tahun ini, dengan Nikkei 225 merebut kembali level tertinggi yang ditetapkan pada tahun 1989.

Suku bunga yang tinggi dan mata uang kuat di AS telah menekan imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun dan yen - imbal hasil Treasury AS 10 tahun berada di sekitar 4,3%.

Dinamika tersebut tampaknya akan terus berlanjut meskipun BOJ menaikkan suku bunga mengingat perekonomian AS yang kuat dan daya tahan belanja konsumen yang tangguh di sana. Selain itu, bank sentral Jepang akan terus membeli obligasi dan berjanji untuk menanggapi kenaikan imbal hasil yang cepat.

“Era baru” suku bunga positif adalah “konfirmasi pemulihan ekonomi Jepang,” kata Charu Chanana, ahli strategi pasar untuk Saxo Capital Markets Pte. “Peningkatan pengembalian tabungan dan investasi di Jepang dapat mendorong daya beli konsumen, dan membangun argumen bagi ekuitas Jepang untuk melanjutkan momentum mereka.”

(bbn)

No more pages