Logo Bloomberg Technoz

"Kami akan mengenakan tarif 100% pada setiap mobil yang melewati lot tersebut."

Ia melanjutkan dengan mengatakan itu akan menjadi "pembantaian" jika ia tidak menang dalam pemilihan presiden AS tahun ini.

Kampanye Presiden Joe Biden mengkritik komentar tersebut, menunjuk pada serangan oleh perusuh di Capitol AS pada 6 Januari 2021, setelah Trump kalah dalam penawaran pemilihan ulang pertamanya.

"Ini adalah siapa Donald Trump: seorang pecundang yang kalah dengan lebih dari 7 juta suara dan kemudian daripada menarik simpati dari audiens mainstream yang lebih luas, ia malah menggandakan ancaman kekerasan politiknya," kata juru bicara kampanye, James Singer.

"Ia ingin kejadian 6 Januari lainnya, tetapi rakyat Amerika akan memberinya kekalahan elektoral lainnya bulan November ini karena mereka terus menolak ekstremismenya, kasih sayangnya terhadap kekerasan, dan dahaganya akan balas dendam."

Awal bulan ini Trump mengancam tarif 50% pada mobil-mobil China. Ia juga telah mengusulkan tarif sebesar 60% pada semua barang China dan 10% pada barang yang dibuat di mana pun di dunia. 

Ia mengatakan ia tidak khawatir tentang tindakan balasan dari China atau negara lain.

"Kamu menipu kami dan kami akan menipu kamu," katanya. "Sangat sederhana, sangat adil."

Trump meraih nominasi dari Partai Republik pada Selasa malam, memungkinkannya untuk sepenuhnya memfokuskan perhatian pada pertarungan ulang dengan Biden pada November. Biden pada hari Selasa memenangkan cukup delegasi untuk nominasi Demokrat.

Mantan presiden tersebut, meskipun menghadapi empat kasus kriminal, hanya semakin memperkuat cengkeramannya pada GOP dalam pencalonan Gedung Putih ketiganya. 

Komite Nasional Republik kini dipimpin oleh tiga sekutu dekat, termasuk menantunya Lara Trump sebagai co-chair. Perombakan tersebut melihat lebih dari 60 staf dipecat pada hari Senin.

Rapat umum Trump pada hari Sabtu membawanya ke negara bagian yang pernah menjadi swing state tradisional dimana pesannya yang populis membawanya meraih kemenangan mudah dalam pemilihan presiden 2016 dan 2020.

Tahun ini, Ohio juga menjadi tuan rumah untuk perlombaan Senat yang akan kritikal untuk harapan Demokrat dalam mempertahankan kontrol atas kamar tersebut. Republik menghadapi kontes tiga arah di primary negara bagian pada 19 Maret untuk seorang kandidat untuk menghadapi Demokrat Sherrod Brown dalam pemilihan umum.

Trump telah mendukung eksekutif teknologi Bernie Moreno untuk kursi Senat, menempatkannya dalam pertentangan dengan Gubernur Ohio dari Republik, Mike DeWine, yang telah mendukung Matt Dolan, seorang moderat yang tidak mencari dukungan Trump. Sekretaris Negara Ohio, Frank LaRose, juga ikut serta.

Moreno, yang menghadiri rapat umum hari Sabtu, menyebut Trump sebagai "orang Amerika yang hebat." Trump juga menyindir Dolan, menyebutnya "Mitt Romney berikutnya" dan mengklaim ia merangkul "kaum kiri woke yang gila."

Trump menunjukkan cengkeramannya pada Republikan Ohio dalam perlombaan Senat dua tahun lalu ketika ia mendukung JD Vance, mendorongnya ke kemenangan dari belakang dalam primary GOP dan kemenangan dalam pemilihan umum.

(bbn)

No more pages