Logo Bloomberg Technoz

“Di UE, kami secara progresif meningkatkan tekanan pada pemain Eropa untuk mengurangi pembelian LNG Rusia, dan sekali lagi kepercayaan terhadap pasokan AS sangatlah penting.”

Pemerintah Uni Eropa akan mendapatkan alat baru untuk menghentikan pembelian kiriman Rusia setelah undang-undang mulai berlaku dalam beberapa minggu mendatang yang memungkinkan pemblokiran aliran tersebut tanpa menggunakan sanksi. 

Beberapa negara anggota telah meminta komisi tersebut untuk memastikan penggunaan peraturan tersebut secara terkoordinasi untuk menghindari pengiriman dialihkan ke negara tetangga yang mungkin bergerak dengan kecepatan lebih lambat.

Langkah ini memungkinkan negara-negara UE untuk sementara waktu mencegah eksportir Rusia dan Belarusia memesan kapasitas infrastruktur yang diperlukan untuk pengiriman LNG dan gas alam guna melindungi kepentingan keamanan penting mereka.

“Dalam beberapa bulan terakhir, kami melihat Rusia menurunkan pendapatannya, namun masih banyak yang harus dilakukan, untuk mencegah LNG Rusia masuk ke pasar Eropa,” kata Simson.

Kepala Energi Uni Eropa juga mengatakan bahwa blok tersebut dapat menahan berakhirnya transit gas pipa Rusia melalui Ukraina tanpa “risiko pasokan keamanan yang besar.”

Pengiriman tersebut saat ini berjumlah sekitar 14 miliar meter kubik, memenuhi sebagian besar permintaan di Austria, Hongaria, dan Slovakia.

“Posisi UE tetap bahwa terdapat jalur pasokan alternatif, menggunakan jaringannya dari selatan ke barat, memanfaatkan fasilitas LNG dan interkoneksi pipa lainnya,” katanya. 

“Kami terus bekerja sama dengan negara-negara anggota UE yang paling terkena dampak untuk memastikan bahwa alternatif sudah siap.”

(bbn)

No more pages