Logo Bloomberg Technoz

"Kami memperkirakan ada ruang terbatas untuk pelonggaran kebijakan PBOC sebelum bank sentral global mulai menurunkan suku bunga, karena stabilitas yuan tetap menjadi tujuan kebijakan dan pelebaran spread suku bunga lebih lanjut dengan penurunan suku bunga akan menambah tekanan depresiasi," kata Lynn Song, Kepala Ekonom untuk Greater China di ING. 

Bank sentral mungkin akan menurunkan rasio persyaratan cadangan dalam beberapa bulan mendatang sebelum menurunkan suku bunga pada MLF, katanya.

Yuan China telah turun sekitar 1% sepanjang tahun ini meskipun mendapat dukungan konsisten dari otoritas, karena ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pada kuartal pertama telah dibatalkan akibat inflasi AS yang kuat. Taruhan investor pada pelonggaran lebih lanjut di China mendorong kegilaan mereka terhadap utang negara, mendorong imbal hasil ke level terendah dalam sekitar dua dekade. 

Pihak berwenang China kemungkinan ingin mengukur efek dari stimulus sebelumnya sebelum mengambil tindakan selanjutnya. Terutama mengingat acara politik tahunan terpenting baru saja selesai di Beijing awal pekan ini. Serangkaian rilis data ekonomi pada Senin mendatang - termasuk investasi aset tetap, penjualan ritel, dan produksi industri - akan memberikan lebih banyak petunjuk tentang kondisi ekonomi.

Ekonomi China telah menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan, dengan harga konsumen naik pada bulan Februari untuk pertama kalinya sejak Agustus dan ekspor melebihi perkiraan pasar. Bukti tren yang lebih berkelanjutan akan membutuhkan data yang lebih solid dalam beberapa bulan mendatang. 

PBOC condong ke kebijakan moneter yang terukur dan tertarget untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, dorongan mereka untuk menurunkan biaya pembiayaan sangat mencolok. Minggu lalu, Gubernur PBOC Pan Gongsheng mengisyaratkan penurunan lebih lanjut dari rasio persyaratan cadangan bank, jumlah uang tunai yang harus disimpan bank sebagai cadangan. 

Pada Januari, dia juga memberi sinyal penurunan mengejutkan sebelumnya yang terjadi beberapa hari kemudian. Bank-bank China juga menurunkan suku bunga pinjaman lima tahun - suku bunga referensi utama untuk KPR - paling banyak dalam catatan pada bulan Februari.

(bbn)

No more pages