Logo Bloomberg Technoz

Macron: Eropa Bisa Jadi Sasaran Jika Rusia Menang di Ukraina

News
15 March 2024 08:20

Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).
Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).

Samy Adghirni dan William Horobin - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan bahwa Uni Eropa akan menghadapi ancaman "eksistensial" berupa invasi Rusia jika mereka memenangkan perang melawam Ukraina.

"Siapa yang bisa memastikan bahwa Presiden Putin, yang tidak menghormati batas atau komitmennya, akan berhenti di sana?" Macron bertanya dalam wawancara bersama dengan saluran televisi TF1 dan France 2 pada Kamis (14/03/2024). "Keamanan Eropa dan rakyat Prancis berada dalam bahaya."

Dia berbicara menjelang pertemuan dengan pemimpin Polandia dan Jerman di Berlin pada Jumat (15/03/2024). Dalam pertemuan tersebut, dia akan mencoba menggalang sekutu-sekutu penting di negara-negara Barat dan meningkatkan dukungan.

Pasukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy kehabisan amunisi saat mereka berjuang untuk menahan kemajuan Rusia. Hal ini memicu ketakutan bahwa keruntuhan pertahanan dapat membuat pasukan Putin mendekati Kyiv sekali lagi. Sementara itu, negara-negara Eropa telah berjuang untuk menjaga persatuan, berdebat tentang jenis peralatan yang akan disediakan dan apakah akan mempertimbangkan pengiriman pasukan ke Ukraina.