Logo Bloomberg Technoz

Apple Akuisisi Startup AI Kanada, Pacu Pengembangan AI Generatif

News
15 March 2024 07:40

Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)
Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc telah mengakuisisi perusahaan startup yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) asal Kanada, DarwinAI. Akuisis tersebut dilakukan untuk menambahkan teknologi AI ke produknya menjelang terobosan besar ke AI generatif di tahun 2024.

Sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya mengatakan perusahaan pembuat iPhone ini telah membeli DarwinAI pada awal tahun. Puluhan karyawan DarwinAI dikatakan telah bergabung dengan divisi kecerdasan buatan Apple.

DarwinAI telah mengembangkan teknologi AI untuk memeriksa komponen secara visual selama proses manufaktur dan melayani pelanggan dalam berbagai industri. Namun, salah satu teknologi intinya adalah membuat sistem kecerdasan buatan lebih kecil dan lebih cepat. Penelitian tersebut dapat membantu Apple, yang fokus menjalankan AI di perangkat, bukan sepenuhnya di cloud.

Alexander Wong, peneliti AI di University of Waterloo yang ikut membangun bisnis ini, bergabung dengan Apple sebagai direktur di grup AI-nya sebagai bagian dari kesepakatan itu.