Logo Bloomberg Technoz

Menanggapi pertanyaan tentang kesepakatan itu, Apple yang berbasis di Cupertino, California, mengatakan pihaknya "membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu" tetapi tidak membahas rencananya.

Saham Apple sempat naik karena berita tersebut. Saham naik lebih dari 1% menjadi US$173,37. Saham tersebut diperdagangkan pada US$172,92 per 1:29 sore di New York, turun sekitar 10% untuk tahun ini.

Menurut komunitas startup Kanada Communitech, DarwinAI yang berbasis di Waterloo, Ontario, telah mengumpulkan lebih dari US$15 juta pada 2022. Perusahaan ini menerima investasi dari Honeywell Ventures dan Inovia Capital, di antara perusahaan modal ventura lainnya. Menurut Communitech, startup ini juga telah bekerja sama dengan perusahaan seperti Lockheed Martin Corp dan Intel Corp.

Akuisisi yang tidak terdeteksi ini dilakukan menjelang dorongan besar AI untuk Apple tahun ini. Perusahaan menambahkan fitur ke perangkat lunak iOS 18 yang mengandalkan AI generatif, teknologi di balik ChatGPT dan alat inovatif lainnya. CEO Tim Cook telah berjanji bahwa Apple akan "membuka terobosan baru" dalam AI tahun ini. Pengumuman teknologi baru ini diperkirakan akan dilakukan pada konferensi pengembang internasional perusahaan di bulan Juni.

Meskipun telah mengakuisisi lebih banyak perusahaan AI daripada kebanyakan pesaing selama dekade terakhir, Apple tertinggal dalam pasar AI generatif. Mereka terkejut dengan peluncuran ChatGPT OpenAI pada tahun 2022. Ditambah lagi perusahaan-perusahaan teknologi lain seperti Google dan Microsoft Corp telah mencuri perhatian dengan fitur-fitur baru.

Secara internal, Apple telah mulai mengintegrasikan AI generatif ke dalam operasinya, menggunakan teknologi tersebut untuk membantu permintaan layanan pelanggan (customer service). Perusahaan ini juga berencana menambahkan fitur ke perangkat lunaknya untuk membuat presentasi secara otomatis dan melengkapi blok teks. Selain itu, Apple juga sedang mengerjakan versi baru perangkat lunak pemrograman Xcode yang menggunakan AI untuk membantu developer menulis kode.

(bbn)

No more pages