Logo Bloomberg Technoz

Pilihan Investasi Saham di Tengah Ketidakpastian Bursa Global

Whery Enggo Prayogi
18 March 2023 09:08

Dok Bloomberg
Dok Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Berinvestasi di pasar modal Indonesia saat situasi bursa global penuh ketidakpastian, membuat investor harus lebih berhati-hati. Pilihan sektor saham harus lebih cermat.

Menurut praktisi investasi dan perencana keuangan OneShildt, Mohamad Andoko, berinvestasi pada saham-saham sektor energi tidak lagi menarik tahun ini, setelah menjadi primadona sepanjang 2022.

"Kalau kita lihat tahun lalu, perusahaan energi oke, tapi per Maret [menjadi] paling rendah, turunnya cukup drastis," kata Andoko di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Andoko menilai, saham perbankan dan ritel masih tetap menarik untuk jadi pilihan investasi. Terlebih pada emiten perbankan yang memiliki fundamental baik dan berkinerja solid sepanjang tahun lalu.

"Secara fundamental banking bagus. Apalagi di saat bersamaan laporan keuangan bank bagus, bisa jadi pilihan investor untuk mencari dividen. Bank-bank seperti Bank Mandiri, BNI, dan BRI mengumumkan [dividen] di 5%-6%, itu lebih dari cukup. Lebih tinggi dari deposito dan inflasi," papar dia.