Logo Bloomberg Technoz

Demo Mahasiswa Pro-Palestina Meluas ke Eropa

Redaksi
08 May 2024 17:40

Ilustrasi demonstrasi mahasiswa Pro-Palestina di Eropa. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi demonstrasi mahasiswa Pro-Palestina di Eropa. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Demonstrasi di kampus-kampus oleh para aktivis pro-Palestina menyebar ke seluruh Eropa pada Selasa (07/05/2024), ketika beberapa pihak menyerukan pemutusan hubungan akademis dengan Israel terkait perang di Gaza.

Seperti dilaporkan Associated Press, kepolisian Jerman membubarkan aksi protes yang dilakukan ratusan aktivis pro-Palestina yang menduduki sebuah halaman di Free University Berlin. Para pengunjuk rasa menduduki sebuah gedung universitas di Amsterdam beberapa jam setelah polisi menahan 169 orang di lokasi kampus yang berbeda. Dua orang masih ditahan karena dicurigai melakukan kekerasan di depan umum.

Di tempat lain di Eropa, beberapa kamp mahasiswa telah diizinkan untuk didirikan di tempat-tempat seperti halaman rumput di Cambridge. Dalam beberapa hari terakhir, para mahasiswa telah mengadakan protes atau mendirikan perkemahan di Finlandia, Denmark, Italia, Spanyol, Prancis, dan Inggris.

Jerman

Di Berlin, para pengunjuk rasa mendirikan sekitar 20 tenda dan membentu rantai manusia di sekelilingnya. Sebagian besar menutupi wajah mereka dengan masker medis dan mengalungkan syal keffiyeh di kepala mereka.