Logo Bloomberg Technoz

Chandra Asri & Glencore Akuisisi Aset Shell di Singapura

News
08 May 2024 19:30

Logo Shell Plc/Zed Jameson/Bloomberg
Logo Shell Plc/Zed Jameson/Bloomberg

Manuel Baigorri dan Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Shell Plc telah sepakat untuk menjual aset kilang dan kimia Singapura mereka kepada perusahaan patungan antara pedagang komoditas Glencore Plc dan PT Chandra Asri Pacific.

Sebagai bagian dari transaksi ini, Shell akan memindahkan semua kepemilikannya di Shell Energy and Chemicals Park Singapore, yang terdiri dari aset kilang dan kimia di pulau Bukom dan Jurong, ke perusahaan patungan tersebut. Kesepakatan ini dikonfirmasi melalui pernyataan resmi Shell pada Rabu (08/05/2024), yang membenarkan laporan Bloomberg News dari minggu lalu.

Rincian keuangan dari kesepakatan tersebut tidak diungkapkan, meskipun sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut mengatakan nilainya bisa sekitar US$1 miliar (setara Rp16 triliun).

Kilang di Pulau Bukom, yang dibuka pada 1961, merupakan kilang minyak pertama di Singapura. Shell membuka kilang tersebut tepat sebelum negara itu merdeka, dan lokasinya dikembangkan seiring dengan transformasi Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan komoditas terpenting di dunia. Raksasa minyak tersebut menyatakan tetap berkomitmen pada Singapura sebagai pusat regional untuk bisnis pemasaran dan perdagangannya.