Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel Januari Naik, Februari Diramal Lebih Tinggi

Hidayat Setiaji
14 March 2024 10:26

Pengunjung berbelanja di kawasan Pasar Tanah Abang, Rabu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung berbelanja di kawasan Pasar Tanah Abang, Rabu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan eceran atau ritel tumbuh positif pada Januari. Sebulan kemudian, penjualan ritel diperkirakan tumbuh makin tinggi.

Pada Januari, penjualan ritel yang dicerminkan dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) berada di 210,5. Naik 1,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

"Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan penjualan pada Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya serta Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, sementara Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi mengalami perbaikan meski masih terkontraksi," sebut laporan Bank Indonesia (BI), Kamis (14/3/2024).

Namun dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm), penjualan ritel pada Januari turun 3,5%. Ini sejalan dengan berakhirnya musim liburan Hari Natal-Tahun Baru serta kondisi cuaca yang kurang baik. Penurunan terutama terjadi pada Kelompok Barang Lainnya Subkelompok Sandang, Peralatan Informasi dan Komunikasi, serta Barang Budaya dan Rekreasi.

Untuk Februari, BI memperkirakan IPR berada di 208,5. Tumbuh 3,6% yoy.