Logo Bloomberg Technoz

DPR AS Loloskan RUU yang Larang Penggunaan TikTok di Amerika

News
14 March 2024 07:30

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Daniel Flatley dan Oma Seddiq (BGOV) - Bloomberg News

Bloomberg, DPR AS telah meloloskan rancangan undang-undang (RUU) yang melarang TikTok di AS, kecuali pemiliknya dari China, ByteDance Ltd, menjual aplikasi berbagi video tersebut. Ini merupakan tantangan terberat yang pernah dihadapi TikTok, layanan yang digunakan oleh 170 juta warga Amerika, namun dianggap sebagai ancaman keamanan nasional oleh para kritikus.

RUU tersebut, yang disahkan pada Rabu (13/03/2024) dengan suara 352 banding 65, kini menghadapi masa depan yang kurang pasti di Senat. Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer sejauh ini menolak untuk mendukungnya, dan anggota seperti Senator Partai Republik Rand Paul menentang RUU ini.

Presiden Joe Biden telah menyatakan akan menandatangani undang-undang tersebut jika disahkan, meskipun kampanye pemilihan ulangnya baru-baru ini menggunakan TikTok dan berisiko dicap sebagai orang yang menjauhkan pemilih muda, delapan bulan sebelum menghadapi Donald Trump dalam pemilihan ulang. 

Jika resmi menjadi undang-undang, RUU ini akan memaksa pertikaian baru dengan China. Para pemimpinnya menentang penjualan TikTok ketika Biden sebelumnya mendesak ByteDance Ltd, pemilik TikTok, untuk menjualnya.